PENGARUH WAKTU PANEN Azolla microphylla YANG DIBERI PUPUK TERHADAP KANDUNGAN LEMAK KASAR, SERAT KASAR, DAN KECERNAAN SERAT KASAR

Sucila, Nurratih (2023) PENGARUH WAKTU PANEN Azolla microphylla YANG DIBERI PUPUK TERHADAP KANDUNGAN LEMAK KASAR, SERAT KASAR, DAN KECERNAAN SERAT KASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak sucila (2).pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1 sucila (1).pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 sucila (1).pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus sucila (1).pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT SUCILA NURRATIH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Azolla microphylla memiliki potensi untuk dijadikan bahan pakan alternatif yang memiliki banyak keuntungan serta kandungan nutrisi yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh waktu panen Azolla microphylla yang diberi pupuk terhadap kandungan lemak kasar, serat kasar, dan kecernaan serat kasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah waktu panen yaitu : A (21 hari tanpa pupuk), B (21 hari, dipupuk), C (28 hari, dipupuk), D (35 hari, dipupuk), E (42 hari, dipupuk). Peubah yang diamati adalah kandungan lemak kasar (%BK), serat kasar (%BK), dan kecernaan serat kasar (%BK). Hasil analisis ragam menunjukan bahwa perbedaan waktu panen Azolla microphylla berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan lemak kasar dan kecernaan serat kasar dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan serat kasar Azolla microphylla. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tanaman paku air Azolla microphylla dapat dipanen sampai umur 35 hari yang diberi pupuk. Pada kondisi ini Azolla microphylla memiliki kandungan lemak kasar 2,79%, serat kasar 19,01%, dan kecernaan serat kasar 50,99%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS Prof. Dr. Ir. Mirzah, MS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:48
Last Modified: 09 Oct 2023 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455310

Actions (login required)

View Item View Item