Pengaruh Lama Fermentasi Buah Mangrove (Sonneratia alba) dengan Kapang Aspergillus niger Terhadap Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik dan Protein Kasar Secara In-Vitro

Laila, Ramadhani (2023) Pengaruh Lama Fermentasi Buah Mangrove (Sonneratia alba) dengan Kapang Aspergillus niger Terhadap Kecernaan Bahan Kering, Bahan Organik dan Protein Kasar Secara In-Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Laila Ramadhani (1).pdf

Download (140kB)
[img] Text (Pendahuluan)
pendahuluan laila watermark.pdf

Download (152kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 watermark.pdf

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka watermark.pdf

Download (153kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL LAILA RAMADHANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama fermentasi terbaik buah mangrove Sonneratia alba dengan kapang Aspergillus niger dalam meningkatkan kecernaan bahan kering (KcBK), bahan organik (KcBO), dan protein kasar (KcPK) secara In vitro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan pada buah mangrove adalah lama fermentasi yaitu; P1 (7 hari), P2 (10 hari), P3 (13 hari), P4 (16 hari). Peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan kecernaan protein kasar. Data diolah menggunakan Analisis of Variance (ANOVA) dan perbedaan antara perlakuan diuji dengan Ducan Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis menunjukkan bahwa lama fermentasi buah mangrove berpengaruh sangat nyata (p<0,01) terhadap KcBK, KcBO dan KcPK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fermentasi selama 16 hari dengan kapang Aspergillus niger pada buah mangrove Sonneratia alba memberikan hasil yang terbaik terhadap KCBK (36,28%), KCBO (42,16%), dan KCPK (75,70%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Elihasridas, M.Si
Uncontrolled Keywords: Aspergillus niger,bahan kering, bahan organik, protein kasar, Sonneratia alba, fermentasi
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:26
Last Modified: 03 Oct 2023 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455240

Actions (login required)

View Item View Item