PENGUJIAN TURBIN FRANCIS SKALA PIKOHIDRO BERDIAMETER 9,8 INCHI PADA HEAD KONSTAN DENGAN TIGA MACAM MODIFIKASI SUDU PENGARAH

LIOLA, BELA (2022) PENGUJIAN TURBIN FRANCIS SKALA PIKOHIDRO BERDIAMETER 9,8 INCHI PADA HEAD KONSTAN DENGAN TIGA MACAM MODIFIKASI SUDU PENGARAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I(1).pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Ahir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan energi selalu meningkat sebagai fungsi pertumbuhan jumlah penduduk. Kelangkaan energi terjadi apabila energi konvensional seperti minyak bumi, gas alam, dan batubara tidak diimbangi dengan kapasitas produksinya. Prinsip pembangkit listrik tenaga pikohidro memanfaatkan daerah aliran berdebit kecil seperti saluran irigasi dengan mSenggunakan turbin Francis sebagai komponen yang mengkonversikan energi air. Turbin Francis telah diuji pada skala pikohidro, namun masih terdapat clearence yang cukup besar antara sudu gerak turbin dengan spiral case turbin francis. Pengujian dengan Modifikasi sudu pengarah paada turbin francis bertujuan meminimalisir faktor-faktor yang dapat menghambat kinerja turbin secara maksimal. Pengujian dilakukan di lapangan yaitu memanfaatkan saluran irigasi di derah limau manis. Pengujian turbin Francis dilakukan dengan 4 variasi bukaan katup dan 4 variasi pengujian sudu pengarah, semua pengujian dilakukan pada head konstan. Setiap variasi dilakukan variasi gaya pengereman untuk mengetahui karakteristik dan daya turbin yang dihasilkan, dengan mengukur putaran turbin, gaya pembebanan, debit, dan tekanan. Daya Turbin maksimum yang dihasilkan adalah sebesar 130,82 Watt pada kondisi bukaan full gate dengan efisiensi maksimum turbin Francis dalam memanfaatkan aliran irigasi adalah 72,2%. Kata Kunci: Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro, modifikasi sudu pengarah karakteristik turbin, daya air, daya turbin, efisiensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. –Ing. Uyung Gatot S. Dinata
Uncontrolled Keywords: Pembangkit Listrik Tenaga Piko Hidro, modifikasi sudu pengarah karakteristik turbin, daya air, daya turbin, efisiensi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:26
Last Modified: 27 Sep 2023 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455181

Actions (login required)

View Item View Item