APLIKASI PETRI NET DAN ALJABAR MAX-PLUS DALAM MODEL JARINGAN DAN ANALISA PENJADWALAN KERETA API DI DIVRE II SUMATRA BARAT

Ayunda, Putri Cahya (2023) APLIKASI PETRI NET DAN ALJABAR MAX-PLUS DALAM MODEL JARINGAN DAN ANALISA PENJADWALAN KERETA API DI DIVRE II SUMATRA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (Kesimpulan)
bab kesimpulan.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Skripsi full text)
PCY WM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kereta api merupakan moda transportasi darat yang banyak disukai masyarakat yang disebabkan oleh kapasitas orang dan barang di kereta api yang cukup besar dan biaya yang murah. Jalur yang digunakan oleh kereta api merupakan jalur yang unik menyebabkan sistem jaringan kereta api memiliki kelemahan dalam proses pelayanan publik yaitu dari segi ketepatan waktu. Hal ini disebabkan jalur kereta api tidak bisa dilalui sekaligus oleh dua atau lebih kereta api sehingga terjadi saling tunggu di setiap stasiun. Keberadaan penjadwalan yang tepat diperlukan untuk mengurangi kelemahan kereta api dalam melayani ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan. Pada penelitian dibuat model jaringan dan analisis penjadwalan kereta api di DIVRE II Sumatra Barat menggunakan petri net dan aljabar max-plus. De�ngan menggunakan bantuan aplikasi Scilab dan fungsi-fungsi yang disediakan oleh Max-plus Toolbox Algebra, diperoleh nilai eigen yaitu 15, 8333334, yang dibulatkan menjadi λ = 16 beserta vektor eigen yang berupa bilangan real. Hal ini memungkinkan untuk membuat penjadwalan kereta yang tersinkronisasi. Nilai eigen tersebut menyatakan periode keberangkatan kereta api dari masing-masing stasiun/shelter, yaitu 16 menit sekali. Selanjutnya, waktu ke�berangkatan awal kereta api di stasiun/shelter diperoleh dari vektor eigen. Penelitian ini menghasilkan model dan desain yang stabil dan realistis untuk penjadwalan keberangkatan kereta api di DIVRE II Sumatra Barat, dengan periode keberangkatan setiap λ menit dengan λ = 16.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: MONIKA RIANTI HELMI, M.Si
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:06
Last Modified: 25 Sep 2023 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455150

Actions (login required)

View Item View Item