PENGATURAN KEGIATAN BONGKAR MUAT BARANG DARI DAN KE KAPAL ( SHIP TO SHIP TRANSFER ) BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL SERTA IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA

Hafid, Zulfi (2023) PENGATURAN KEGIATAN BONGKAR MUAT BARANG DARI DAN KE KAPAL ( SHIP TO SHIP TRANSFER ) BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL DAN HUKUM NASIONAL SERTA IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wilayah laut Indonesia khususnya laut teritorial Indonesia merupakan wilayah laut yang banyak terjadi berbagai bentuk kegiatan atau aktivitas manusia, pada area pelabuhan merupakan salah satu area yang banyak terjadi berbagai kegiatan baik dalam hal transportasi laut, bisnis, perdagangan maupun dalam kegiatan ekspor dan impor, salah satu bentuk kegiatannya adalah kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal di area pelabuhan yang selanjutnya disebut sebagai ship to ship transfer. Bidang kegiatan bongkar muat barang merupakan salah satu kegiatan yang terjadi di area pelabuhan baik dari dan ke kapal dalam hal pemindahan muatan atau barang tertentu yang sudah mendapat izin dari otoritas pelabuhan dan tentunya sudah adanya dokumen resmi atas pelaksanaan kegiatan bongkar muat barang. Tentunya setiap kegiatan ship to ship transfer diatur dan diawasi oleh berbagai peraturan internasional dan nasional yang memberikan pedoman dan batasan terhadap kegiatan ship to ship transfer. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana pengaturan ship to ship transfer dalam Hukum Internasional ? dan 2). Bagaimana implementasi kegiatan ship to ship transfer di Indonesia ?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan sumber data yaitu data sekunder yang didukung oleh bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Hasil penelitian ini adalah pengaturan kegiatan ship to ship transfer dalam Hukum Internasional adalah terdapat dalam berbagai bentuk peraturan pada faktor tertentu tersendiri yang dijelaskan secara terpisah berdasarkan faktor terkait dari pokok isi peraturan tersebut , menurut UNCLOS 1982, SOLAS 1974 dan MARPOL Convention 1973/1978 serta implementasinya di Indonesia juga terdapat penjelasan terpisah dari berbagai peraturan seperti UU.No,17 tahun 2008 tentang Pelayaran dan PM Perhubungan RI No. 59 tahun 2021 tentang penyelenggaraan usaha jasa terkait dengan angkutan di perairan. Kata Kunci : Implementasi, Bongkar Muat Barang, Pelabuhan, dan Laut Teritorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Najmi, S.H.,M.H., Dewi Enggriyeni, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:00
Last Modified: 25 Sep 2023 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455110

Actions (login required)

View Item View Item