Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Pencegahan Stunting (Studi Kasus Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindongan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana di Kecamatan Nanggalo Kota Padang)

Tri Indah Sekar, Kemuning (2023) Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Pencegahan Stunting (Studi Kasus Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindongan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana di Kecamatan Nanggalo Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Full Text)
Full Skripsi Tri Indah Sekar K (1610863015).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PENCEGAHAN STUNTING (Studi Kasus Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana di Kecamatan Nanggalo Kota Padang) Tri Indah Sekar Kemuning 1610863015 Pembimbing: Dr. ErnitaArif, M.Si Ilham Havifi, M.I.Kom Penelitiani ini menjelaskan strategi komunikasi yang dilakukan oleh DP3AP2KB Kecamatan Nanggalo dalam sosialisasi pencegahan stunting. DP3AP2KB menggunakan berbagai macam strategi dalam menyebarkan sosialisasi pencegahan stunting ini. Teori yang dipakai dalam menganalisis penelitian ini adalah teori komunikasi Arifin (1984). Arifin mengatakan bahwa ada beberapa langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyususn sebuah strategi komunikasi yaitumengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan penggunaan media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa strategi komunikasi yang digunakan oleh DP3AP2KB Kecamatan Nanggalo dalam melakukan sosialisasi pencegahan stunting. Strategi itu seperti melakukan pendekatan dari berbagai sisi yang dilakukan oleh DP3AP2KB dan Kader, penyusunan pesan agar sesuai isi pesan sesuai dean mudah dipahami oleh target, menggunakan beberapa metode yang ada, dan penggunaan media pencarian bapak asuh, pembinaan calon pengantin, pemberian alat bantu dan sembaki, seperti Whatsapp Group, Facebook Group, Youtube, TikTok, Podcast, Flayer, Spanduk, dan Umbul-umbul sebagai bantuan dalam menyebarkan pencegahan stunting ini. Dalam hal menjalankan program, DP3AP2KB Kecamatan Nanggalo telah sangat baik menjalankannya. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, DP3AP2KB Kecamatan Nanggalo, BKKBN

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:19
Last Modified: 25 Sep 2023 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455092

Actions (login required)

View Item View Item