PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN GO-JEK DI KOTA PADANG

Wilzian, Akbar (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA LAYANAN GO-JEK DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Skipsi Full Text)
Skrisi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat di era globalisasi ini terutama dibidang yang sangat penting yaitu bidang transportasi, maka transportasi menjadi sangat diperlukan masyarakat untuk bepergian kemanapun baik untuk menjalankan kegiatan sehari-hari didalam kota maupun diluar kota serta aktifitas lainya. Dengan meningkatnya kebutuhan pengguna transportasi tersebut menyebabkan suatu kota mengalami kemacetan, kemacetan pun akan menghambat masyarakat menjalankan aktifitasnya. Salah satu perkembangan transportasi yang mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat dengan menggunakan perkembangan teknologi di masa sekarang yaitu adanya ojek online, dengan nama PT.Go-jek Indonesia, go-jek adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja diberbagai sektor informal di Indonesia. Dalam perkembanganya go-jek telah resmi beropersi di 50 kota di Indonesia termasuk kota Padang, Perusahaan go-jek tersebut bermitra kepada driver (pengemudi ojek) di kota Padang, dan pemesanan ojek melalui go-jek harus menggunakan sebuah aplikasi pada smartphone atau telepon pintar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap Konsumen pengguna jasa layanan Go-jek di kota Padang apabila terjadi kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh Pengemudi ojek atau Driver? (2) Bagaimana upaya PT.Go-jek Indonesia cabang Padang untuk Mengoptimalkan Mutu Layanan terhadap Konsumen? Rumusan masalah tersebut menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, sifat penelitian deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen, dan wawancara. Hasil dari penelitian Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa layanan go-jek di kota Padang apabila terjadi kerugian-kerugian, maka pihak PT.Go-jek Indonesia cabang Padang melakukan permintaan maaf atas kerugian dan bersedia untuk memberikan bantuan keuangan jika pengguna aplikasi go-jek yang menggunakan layanan go-ride mengalami kecelakaan, menderita cidera atau meninggal saat dijemput oleh pengemudi atau driver PT.Go-jek Indonesia cabang Padang. Serta PT.Go-jek Indonesia cabang Padang berusaha meningkatkan mutu terhadap pelayanan agar konsumen pengguna jasa layanan go-ride tidak dirugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Linda Elmis, S,H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 23 May 2019 11:54
Last Modified: 23 May 2019 11:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45476

Actions (login required)

View Item View Item