ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN LUKA BAKAR LISTRIK DENGAN APLIKASI ANTIMIKROBA TOPIKAL HYALURONIC ACIDDI RUANG LUKA BAKAR RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Yulfiani, Nazrita (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN LUKA BAKAR LISTRIK DENGAN APLIKASI ANTIMIKROBA TOPIKAL HYALURONIC ACIDDI RUANG LUKA BAKAR RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
KIA YULFIANI NAZRITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Luka bakar listrik terjadi karena panas bergerak dari energi listrik dan dikirim melalui tubuh. Luka bakar dengan melakukan perawatan yang tepat dengan cepat dapat menyelamatkan hidup dan masa depan pasien. Salah satu prinsip manajemen luka bakar adalah perawatan luka dengan pengobatan antimikroba topikal. Antimikroba topikal yang ideal untuk pasien luka bakar harus memiliki spektrum aktivitas yang luas, memiliki penyerapan sistemik minimal, tidak menunda penyembuhan luka, menyerap dan menembus escar dengan baik. Salah satu perawatan dilakukan dengan aplikasi antimikroba topikal pada luka yang dapat diterapkan untuk mempercepat penyembuhan luka, mencegah pembentukan jaringan parut dan keloid dan mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal berdasarkan Evidence Based Nursing Practice (EBNP), yaitu antimikroba topikal asam hialuronat. Tujuan penulisan laporan ilmiah ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien luka bakar listrik dengan aplikasi antimikroba topikal asam hialuronat di ruang luka bakar RSUP Dr. M. Djamil Padang. Prosedur yang dilakukan dimulai dari pengkajian, analisis data, menetapkan diagnosis keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian, ditemukan masalah keperawatan risiko kekurangan volume cairan, nyeri akut, dan kerusakan integritas jaringan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa masalah keperawatan resiko kekurangan volume cairan dan nyeri akut teratasi dengan baik, serta masalah kerusakan integritas jaringan teratasi sebagian. Pemberian antimikroba topikal asam hialuronat dapat mempercepat penyembuhan luka pasien. Luka dikaji sebelum dilakukan dressing dan sesudah dilakukan dressing 3 hari berikutnya dengan menggunakan Bates-Jensen Wound Assessment Tool. Hasil pelaksanaan didapatkan adanya perbaikan kondisi luka yang signifikan. Disarankan kepada rumah sakit untuk pengadaan antimikroba topikal asam hialuronat, dan penerapan pada pasien untuk mempercepat penyembuhan luka. Kata kunci : Luka bakar, Perawatan luka, Asam hialuronat, Penyembuhan luka Daftar Pustaka : 45 (2010-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp , M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 May 2019 11:38
Last Modified: 23 May 2019 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45383

Actions (login required)

View Item View Item