PENGARUH PENAMBAHAN DAUN TEH DAN AMPAS DAUN GAMBIR DALAM RANSUM BERBASIS JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN-VITRO

Laila, Dini Harisa (2019) PENGARUH PENAMBAHAN DAUN TEH DAN AMPAS DAUN GAMBIR DALAM RANSUM BERBASIS JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V-PENUTUP.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL SKRIPSI LAILA DH-UPLOAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan daun teh dan ampas daun gambir terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar secara in-vitro. Percobaan disusun dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan lima perlakuan dan empat ulangan, perlakuan yang dicobakan antara lain: A = ransum berbasis jerami padi amonisasi; B = A (90 %) + daun teh (10 %); C = A (80 %) + daun teh (20 %); D = A (90 %) + ampas daun gambir (10 %); E = A (80 %) + ampas daun gambir (20 %). Variabel yang diukur adalah kecernaan bahan kering (KCBK), kecernaan bahan organik (KCBO) dan kecernaan protein kasar (KCPK). Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa penambahan daun teh dan limbah daun gambir dengan dosis masing-masing 10 % dan 20 % berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap kecernaan bahan kering (KCBK) dan kecernaan bahan organik (KCBO) tetapi tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap kecernaan protein kasar (KCPK). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian ampas daun gambir sebanyak 10 % dalam ransum berbasis jerami padi amoniasi dapat memberikan pengaruh terbaik pada kecernaan bahan kering dan bahan organik tetapi tidak memberikan pengaruh terbaik pada kecernaan protein kasar secara in-vitro. Kata Kunci : Ampas Daun Gambir, Daun Teh, Kecernaan, Tanin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Mardiati Zain, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 23 May 2019 10:15
Last Modified: 23 May 2019 10:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45336

Actions (login required)

View Item View Item