APLIKASI KONTROL OPTIMAL KUADRATIK LINIER UNTUK MENGANALISIS INTERAKSI INSULIN DAN GLUKOSA PADA PENYAKIT DIABETES MELITUS

Syafrida, Wirma Yenti (2019) APLIKASI KONTROL OPTIMAL KUADRATIK LINIER UNTUK MENGANALISIS INTERAKSI INSULIN DAN GLUKOSA PADA PENYAKIT DIABETES MELITUS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover n abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
Bab I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV (Kesimpulan))
Bab IV.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)

Abstract

Hormon insulin diperlukan sebagai pintu gerbang masuknya glukosa ke dalam sel. Tanpa adanya hormon insulin, glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga kadar glukosa darah tetap tinggi. Seorang penderita diabetes melitus tidak memiliki jumlah insulin yang cukup untuk menurunkan kadar glukoda darah. Akibatnya perlu infus insulin eksogen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aplikasi teori kontrol optimal kuadratik linier untuk menganalisis interaksi insulin terhadap glukosa darah pada penyakit diabetes melitus. Dalam hal ini akan ditentukan kadar infusi insulin eksogen yang diperlukan agar konsentrasi glukosa darah penderita diabetes dapat menjadi normal. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian yaitu seseorang yang awalnya memiliki kadar glukosa darah 300 ml/dl dengan menginfuskan kadar insulin eksogen u(t) = 0,2944x1 - 0,2235x2 - 31,6227, dimana x1(t) menyatakan konsentrasi glukosa darah pada waktu t dan x2(t) menyatakan konsentrasi hormon dalam darah (termasuk insulin) pada waktu t, dapat dicapai kadar glukosa darah yang mendekati nilai normal (100 mg/dl). Kata Kunci : Kontrol Optimal Kuadratik Linier, Interaksi Insulin dan Glukosa, Diabetes Melitus.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Muhafzan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 matematika matematika
Date Deposited: 23 May 2019 12:03
Last Modified: 23 May 2019 12:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45323

Actions (login required)

View Item View Item