KELIMPAHAN KEPIK PREDATOR (HEMIPTERA: REDUVIIDAE) DI DAERAH ENDEMIK SERANGAN ULAT API PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT

Maiwil, Diratika (2019) KELIMPAHAN KEPIK PREDATOR (HEMIPTERA: REDUVIIDAE) DI DAERAH ENDEMIK SERANGAN ULAT API PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KELIMPAHAN KEPIK PREDATOR (HEMIPTERA: REDUVIIDAE) DI DAERAH ENDEMIK SERANGAN ULAT API PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT ABSTRAK Ulat api tergolong hama utama pada tanaman kelapa sawit dan ditemukan hampir pada semua perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Pengendalian ulat api pada saat ini diarahkan pada pengendalian secara hayati dengan serangga predator. Serangga dari family Reduviidae merupakan salah satu serangga yang anggotanya sebagian besar adalah predator ulat api. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi spesies kepik predator (Hemiptera: Reduviidae) yang terdapat pada daerah endemik serangan ulat api, (2) Mempelajari kelimpahan kepik predator (Hemiptera: Reduviidae ) pada daerah endemik serangan ulat api. Lokasi penelitian adalah Nagari Panyubarangan, Kecamatan Timpeh dan Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung. Identifikasi serangga contoh dilakukan di Laboratorium Bioekologi Serangga, Jurusan Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dan Laboratorium Tanah dan Tanaman Kampus III Dharmasraya. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juli 2018. Pengambilan serangga contoh menggunakan dua metode yaitu koleksi langsung dan jaring ayun. Pada penelitin ini ditemukan sebanyak 8 spesies kepik predator. Dari 8 spesies tersebut hanya 3 spesies yang memangsa ulat api. Spesies yang memangsa ulat api memiliki kelimpahan tertinggi yakni Cosmolestes picticeps sebanyak 116 individu dan diikuti oleh spesies Zelus renardii sebanyak 64 individu. Kata Kunci: Hemiptera, Hama, Musuh Alami, Populasi, Ulat Api.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yaherwandi. M. Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 May 2019 14:49
Last Modified: 23 May 2019 14:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45318

Actions (login required)

View Item View Item