Efektivitas Rumput Vertiver (Vetiveria zizanioides L), Rumput Gajah ( Pennisetum purpureum ) dan Rumput Raja ( Pennisetum tydoides ) dalam Mengendalikan Erosi pada Ultisol”

Friska, Br Siregar (2019) Efektivitas Rumput Vertiver (Vetiveria zizanioides L), Rumput Gajah ( Pennisetum purpureum ) dan Rumput Raja ( Pennisetum tydoides ) dalam Mengendalikan Erosi pada Ultisol”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. pendahuluan.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. penutup.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ultisol memiliki kesuburan tanah yang rendah. Salah satu penyebabnya adalah erosi. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengendalikan erosi adalah dengan penanaman rumput vetiver, rumput gajah dan rumput raja. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan Labor Fisika Tanah dari bulan Oktober 2017 sampai Agustus 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat taraf perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah Rumput vetivet + teras, Rumput vetiver + rumput gajah, Rumput vetiver + rumput raja, Rumput gajah + rumput raja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanaman rumput vetiver, rumput gajah dan rumput raja sangat efektif dalam mengendalikan erosi pada Ultisol; (2) Jumlah tanah yang tererosi pada pengamatan terakhir disetiap perlakuan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Jumlah tanah yang tererosi pada pengamatan terakhir di perlakuan vetiver + teras sebanyak 244.06 g (81.34 kg/ha), perlakuan vetiver + rumput gajah sebanyak 236.94 g (78.98 kg/ha), perlakuan vetiver + rumput raja sebanyak 230.80 g (76,93 kg/ha), dan perlakuan rumput gajah + rumput raja sebanyak 224.85 g (74,94 kg/ha); (3) Penurunan jumlah tanah tererosi dipengaruhi oleh pertumbuhan tajuk tanaman dari awal pengamatan erosi sampai pengamatan terakhir pada perlakuan vetiver + teras berkembang sebesar 24%, perlakuan vetiver + rumput gajah sebesar 18%, perlakuan vetiver + rumput raja sebesar 11%, dan perlakuan rumput gajah + rumput raja sebesar 13%. Kata kunci : Rumput Vetiver,Rumput Gajah, Rumput Raja, Ultisol, Erosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Amrizal Saidi, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 May 2019 10:29
Last Modified: 23 May 2019 10:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45308

Actions (login required)

View Item View Item