PEMIDANAAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI PADANG Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor : 7/Pid.Sus-Anak/2017/PN.Pdg

Dewi, Elvi Susanti (2018) PEMIDANAAN TERHADAP ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI PADANG Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Padang Nomor : 7/Pid.Sus-Anak/2017/PN.Pdg. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltes)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Anak bukanlah untuk dihukum melainkan harus diberikan bimbingan dan pembinaan, sehingga bisa tumbuh dan berkembang sebagai anak normal yang sehat dan cerdas seutuhnya. Anak adalah anugerah Allah Yang Maha Kuasa sebagai calon generasi penerus bangsa yang masih dalam masa perkembangan fisik dan mental. Terkadang Anak mengalami situasi sulit yang membuatnya melakukan tindakan yang melanggar hukum. Walaupun demikian, anak yang melanggar hukum tidaklah layak untuk dihukum apalagi kemudian dimasukkan dalam penjara.Salah satunya adalah dalam sistem pemidanaan yang sampai sekarang terkadang masih memperlakukan anak-anak yang terlibat sebagai pelaku tindak pidana itu seperti pelaku tindak pidana yang dilakukan oleh orang dewasa. Anak ditempatkan dalam posisi sebagai seorang pelaku kejahatan yang patut untuk mendapatkan hukuman yang sama dengan orang dewasa dan berlaku di Indonesia. Berkenaan dengan itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa dasar Penuntut Umum dan Hakim dalam menjatuhkan Pidana terhadap Anak selaku pelaku tindak pidana dan apakah Pemidanaan terhadap anak selaku pelaku tindak pidana telah sesuai dengan amanat dari UU Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis normatif yang didukung dengan penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan informan, analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode pengumpulan data primer dan sekunder. Adapun hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam menghadapi dan menangani proses peradilan anak yang terlibat tindak pidana maka sesuai dengan berlakunya UU Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak , hal yang harus diingat yaitu kedudukannya sebagai anak dengan semua sifat dan ciri-cinya yang khusus. Kata Kunci : Penuntut Umum, Hakim, Pemidanaan, Anak sebagai Pelaku Tindak Pidana.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Elwi Danil, SH, MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 22 May 2019 13:58
Last Modified: 22 May 2019 13:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45303

Actions (login required)

View Item View Item