PENGARUH SERAT UMBI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L.) TERHADAP PERKEMBANGAN OBESITAS PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIBERI PAKAN BERLEMAK TINGGI

Qonitah, Fadhilah (2019) PENGARUH SERAT UMBI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L.) TERHADAP PERKEMBANGAN OBESITAS PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L.) YANG DIBERI PAKAN BERLEMAK TINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img] Text (Tugas akhir utuh)
5. Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Obesitas merupakan penyakit degeneratif dengan prevalensi tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serat umbi bengkuang terhadap perkembangan obesitas pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi. Penelitian in telah dilaksanakan dari bulan September 2018 hingga Februari 2019 di laboratorium Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) empat perlakuan dan enam kali ulangan dan perlakuan dilakukan selama 8 minggu. Perlakuan berupa Pakan Normal (PN), Pakan Berlemak Tinggi (PLT) dan Pakan Berlemak Tinggi yang ditambahkan Serat Bengkuang dengan dosis 10% dan 25%. Berat badan mencit ditimbang setiap minggunya, sedangkan berat jaringan adiposa putih (WAT), berat jaringan adiposa coklat (BAT), kadar kolesterol total, dan kadar LDL diukur diakhir perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan serat bengkuang mampu menekan kenaikan berat badan berlebih sebesar 40,7%, mencegah peningkatan bobot jaringan adiposa putih (WAT) sebesar 54,8%, mencegah hipertrofi sel adiposa putih sebesar 14%, dan mencegah penurunan bobot adiposa coklat (BAT) sebesar 50%. Serat umbi bengkuang juga dapat mencegah adipositas hati serta mencegah peningkatan kadar kolesterol total sebesar 34,7% dan kadar kolesterol LDL sebesar 35,1% pada mencit yang diberi pakan berlemak tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa serat bengkuang berpotensi sebagai farmakodiet dalam mencegah perkembangan penyakit obesitas. Kata Kunci : adipositas hati, hipertofi sel, jaringan adiposa putih, jaringan adiposa coklat, kolesterol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. PUTRA SANTOSO
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 23 May 2019 10:13
Last Modified: 23 May 2019 10:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45284

Actions (login required)

View Item View Item