PENGARUH PEMBERIAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI FEED SUPLEMEN TERHADAP PERFORMANS KELINCI LOKAL (Lepus nigricollis)

Yogi, Febri Denando (2019) PENGARUH PEMBERIAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI FEED SUPLEMEN TERHADAP PERFORMANS KELINCI LOKAL (Lepus nigricollis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perngaruh pemberian daun Tithonia diversifolia terhadap performans kelinci yang dimanifestasikan dalam konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum kelinci lokal (Lepus nigricoliis) jantan dengan pemberian daun paitan (Tithonia diversifolia). Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelinci lokal jantan sebanyak 20 ekor dengan bobot badan ±700 gram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Peubah yang diamati berdasarkan analisis yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan daun paitan (Tithonia diversifolia) dalam ransum sebanyak : A:0%, B:3%, C:6%, D:9%, E:12% dari hijauan yang diberikan. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian daun Tithonia diversifolia memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) dapat menurunkan pertambahan bobot badan dan menaikkan angka konversi ransum, sedangkan terhadap konsumsi ransum tidak berbeda nyata (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian Tithonia diversifolia yang digunakan sebagai suplemen sampai level 9% dalam ransum kelinci lokal memberi performans yang terbaik. Kata kunci: Kelinci Lokal, Konsumsi Ransum, Konversi Ransum, Tithonia diversifolia, Pertambahan Bobot Badan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Salam N Aritonang, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 22 May 2019 15:03
Last Modified: 22 May 2019 15:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45277

Actions (login required)

View Item View Item