Perbandingan Kekuatan Geser Sambungan Difusi Baja Menggunakan Tungku Resistansi Listrik Dalam Ruangan Vakum dan Tanpa Vakum

Indra, Saputra (2019) Perbandingan Kekuatan Geser Sambungan Difusi Baja Menggunakan Tungku Resistansi Listrik Dalam Ruangan Vakum dan Tanpa Vakum. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V ( penutup))
penutup.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penyambungan difusi baja karbon menengah dilakukan dengan cara menekan logam yang akan disambung dalam ruangan yang dikondisikan disertai pemanasan. Temperatur pemanasan yang diberikan berkisar antara 0,5% - 0,8% temperatur leleh material. Penelitian sebelumnya membuktikan bahwa penyambungan difusi baja menggunakan tungku resistansi listrik dalam ruangan vakum dan tanpa vakum akan menghasilkan kualitas sambungan yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh lapisan oksida yang terbentuk pada daerah sambungan yang menyebabkan kondisi tanpa vakum akan menghasilkan lapisan oksida yang besar dibandingkan pada kondisi vakum. Namun, kekuatan dari sambungan belum diketahui sehingga diperlukan pengujian mekanik untuk mendapatkan hasil sambungan yang lebih kuat. Pada penelitian ini, dilakukan penyambungan difusi baja karbon menengah dengan kandungan karbon 0,27% dalam keadaan vakum dan tanpa vakum. Temperatur pemanasan yang dicapai sekitar 810 oC dan dilakukan penahanan selama dua jam dengan beban yang diberikan sebesar 20 kg. Proses penyambungan ini dilakukan dalam tungku resistansi listrik. Hasil penyambungan diamati kualitas permukaannya menggunakan mikroskop optik stereo dan kekuatan geser sambungan diukur menggunakan alat uji geser. Dari hasil penyambungan difusi baja, didapatkan rata-rata panjang daerah sambungan dalam keadaan vakum dan tanpa vakum. Lebar daerah sambungan dalam kondisi vakum sebesar 42,95 μm, dan pada kondisi tanpa vakum, panjang daerah sambungan sebesar 133,18 μm. Untuk rata-rata kekuatan geser sambungan yang diperoleh dalam keadaan vakum adalah 5,79 Mpa, dan pada kondisi tanpa vakum rata-rata kekuatan geser yang didapat sebesar 2,69 Mpa. Hal ini telah membuktikan bahwa semakin kecil daerah difusi yang terbentuk, maka semakin tinggi nilai kekuatan geser sambungannya. Kata kunci : Penyambungan difusi, baja karbon menengah, kekuatan geser, tungku resistansi listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Jon Affi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 May 2019 14:36
Last Modified: 22 May 2019 14:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45266

Actions (login required)

View Item View Item