ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.F DENGAN SUPRAVENTRIKULAR TAKIKARDI (SVT) DAN PENERAPAN MODIFIKASI VALSAVA MANUVER DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

Dewi, Anita (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY.F DENGAN SUPRAVENTRIKULAR TAKIKARDI (SVT) DAN PENERAPAN MODIFIKASI VALSAVA MANUVER DI RUANGAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
FULL KIA DEWI ANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyebab tersering kematian di seluruh dunia saat ini adalah penyakit kardiovaskuler. SVT merupakan salah satu gangguan irama jantung yang ditandai dengan perubahan frekuensi jantung secara mendadak dengan kecepatan lebih dari 100 kali per menit dalam kondisi istirahat. Berdasarkan AHA (2015) penatalaksanaan lini pertama pada pasien SVT dengan kondisi hemodinamik stabil adalah dengan valsava manuver. Tujuan penulisan karya ilmiah akhir ini adalah untuk menggambarkan asuhan keperawatan pada pasien SVT dengan penerapan modifikasi valsava manuver untuk mengembalikan irama sinus pada pasien SVT dengan cara pasien diinstruksikan untuk meniup spuit 10 ml dengan plunger di tempatnya selama 15 detik dalam posisi semi-recumbent dan segera pada akhir regangan pasien diposisikan supine dengan kaki dielevasikan pasif 45 ° selama 15 detik. Pasien kemudian dikembalikan ke posisi semi-recumbent selama 45 detik. Metode yang dilakukan mengikuti proses keperawatan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi. Diagnosa yang ditegakkan sesuai dengan hasil pengkajian ialah penurunan curah jantung dan ansietas. Adapun implementasi yang dilakukan yaitu perawatan jantung, terapi oksigen, pengurangan kecemasan dan peningkatan koping. Hasil yang diperoleh dalam penerapan modifikasi valsava manuver yaitu terdapat penurunan denyut jantung dari 190 x / menit menjadi 150 x / menit. Masalah penuruan curah jantung dapat teratasi setelah pasien diberikan obat Herbessser 20 mg intravena. Saran yang diberikan kepada perawat agar dapat menerapkan penerapan modifikasi valsava manuver sebagai penatalaksanaan pertama kali pada pasien SVT dengan kondisi hemodinamik stabil. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya teknik ini dapat dilakukan sebanyak dua kali. Kata kunci : SVT, asuhan keperawatan, modifikasi valsava manuver Daftar Pustaka : 42 (1997-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dally Rahman, M.Kep, Sp. Kep. M.B
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 May 2019 13:55
Last Modified: 22 May 2019 13:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45264

Actions (login required)

View Item View Item