Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Inventaris Universitas Andalas

Akmaludin, Akmaludin (2019) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Inventaris Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01. cover abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
02. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
03. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
05. Tugas Akhir Akmal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Universitas Andalas adalah suatu Universitas yang memiliki jumlah inventaris penunjang perkuliahan yang sangat banyak. Selama ini proses inventarisasi dilakukan dan disimpan pada basis data masing – masing fakultas, sehingga terjadi kesulitan dalam proses analitik. Selain itu, sistem yang berjalan saat ini belum dilengkapi fitur yang membantu dalam menemukan lokasi barang, sehingga menyebabkan kesalahan dalam proses inventarisasi. Permasalahan – permasalahan yang terjadi ini menggambarkan Universitas Andalas memerlukan suatu sistem pendukung keputusan inventaris. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan Knowledge management system (KM system) khususnya Data Warehouse untuk meningkatkan kemampuan dalam analitik kebutuhan informasi untuk menunjang sistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS). Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan atau Decision Support System (DSS). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perancangan data warehouse dilakukan dengan metode Kimball Nine-Step Methodology. Tahapan selanjutnya yaitu Extract Transform Load (ETL) memindahkan basis data yang telah dikumpulkan kedalam data warehouse. Kemudian perancangan sistem Online Analitik Process (OLAP) untuk mempermudah dalam proses analitik. Output yang didapatkan dari perancangan data warehouse dengan menggunakan metode Kimball Nine-Step Methodology dan menggunakan skema bintang yaitu menghasilkan 1 (satu) tabel fakta dan 5 (lima) tabel dimensi. Selanjutnya dilakukan tahap Extract Transform Load (ETL) untuk memindahkan data dari database SIMAK ke data warehouse, data yang berhasil dipindahkan yaitu sebanyak 897.749 data. Selain itu perancangan system menghasilkan suatu system pendukung keputusan yang bisa melakukan analisis data inventarisasi dengan aplikasi berbasis OLAP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ikhwan Arief, M.Sc
Uncontrolled Keywords: data warehouse, dss, KM system, olap
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 23 May 2019 11:50
Last Modified: 27 Jun 2019 14:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45256

Actions (login required)

View Item View Item