Pengaruh Kepadatan Wereng Batang Coklat Nilaparvata Lugens Stahl (Hemiptera : Delphacidae) Terhadap Daya Mangsa Menochilus Sexmaculatus Fabricius (Coleoptera : Coccinellidae) Pada Tanaman Padi”

Raidatul, Monika (2019) Pengaruh Kepadatan Wereng Batang Coklat Nilaparvata Lugens Stahl (Hemiptera : Delphacidae) Terhadap Daya Mangsa Menochilus Sexmaculatus Fabricius (Coleoptera : Coccinellidae) Pada Tanaman Padi”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH KEPADATAN WERENG BATANG COKLAT Nilaparvata Lugens Stahl (HEMIPTERA : DELPHACIDAE) TERHADAP DAYA MANGSA Menochilus Sexmaculatus Fabricius (COLEOPTERA : COCCINELLIDAE) PADA TANAMAN PADI ABSTRAK Kumbang predator Menochilus sexmaculatus merupakan salah satu agen hayati yang dapat digunakan untuk mengendalikan kutu daun. Studi mengenai keefektifan daya mangsa predator M. sexmaculatus sebagai agen hayati Wereng Batang Coklat masih belum banyak dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kepadatan WBC terhadap daya mangsa M. sexmaculatus pada tanaman padi di laboratorium. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 5 perlakuan kepadatan populasi WBC yaitu 10, 15, 20, 25 dan 30 ekor WBC. Penelitian diulang sebanyak 4 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pemangsaan, dan pemangsaan masa 1 jam tidak dipengaruhi oleh kepadatan populasi WBC. Pemangsan M. sexmaculatus pada waktu 24 jam pada kepadatan WBC 20 ekor, 25 ekor, dan 30 ekor berbeda nyata dengan kepadatan WBC 10 ekor, namun berbeda tidak nyata terhadap kepadatan WBC 15 ekor. Pemangsan imago M. sexmaculatus berkisar antara 2,00 sampai dengan 7,75 ekor/24 jam. Tanggap fungsional imago M. sexmaculatus adalah tipe III (logaritmik), predator M. sexmaculatus memiliki kecenderungan pada awal pemangsaan berlangsung lambat, diikuti dengan peningkatan yang lebih cepat kemudian konstan. Kata kunci: Menochilus sexmaculatus, Predator, Tanggap fungsional, Wereng Batang Coklat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Munzir Busniah, Msi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 22 May 2019 14:29
Last Modified: 22 May 2019 14:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45253

Actions (login required)

View Item View Item