ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN FRAKTUR KOMPRESI VERTEBRE, PARAPARESE INFERIOR DAN LUKA DEKUBITUS DENGAN APLIKASI PERAWATAN LUKA DENGAN MADU DI RUANG RAWAT TRAUMA CENTER RSUP DR. M.DJAMIL PADANG

INTAN, PERMATA SARI (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DENGAN FRAKTUR KOMPRESI VERTEBRE, PARAPARESE INFERIOR DAN LUKA DEKUBITUS DENGAN APLIKASI PERAWATAN LUKA DENGAN MADU DI RUANG RAWAT TRAUMA CENTER RSUP DR. M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
KIA INTAN PERMATA SARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fraktur patologis merupakan salah satu fraktur yang dapat disebabkan oleh tumor atau keganasan dan paling sering teradi di vertebre. Fraktur pada vertebre T12 dan L1 menyebabkan terjadinya paraparese inferior sehinga terjadi tirah baring lama dan beresiko dekubitus. Perawatan luka dekubitus bertujuan mencegahan infeksi dan mendukung proses penyembuhan luka. Madu merupakan antibiotik alami yang membantu merangsang pertumbuhan jaringan baru. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien dengan fraktur kompresi vertebre, paraparese inferior dan luka dekubitus dengan aplikasi perawatan luka dekubitus dengan madu. yang dilakukan selama 10 hari. Asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian sampai evaluasi keperawatan. Masalah keperawatan yang ditemukan adalah nyeri akut, gangguan integritas kulit/ jaringan, resiko infeksi dan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh. Hasil yang didapat terjadi peningkatan dalam regenerasi luka dengan menggunakan madu. Disarankan agar perawat dapat menerapkan penggunaan madu dalam perawatan luka sebagai intervensi mandiri dalam pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien dengan luka dekubitus. Kata kunci : fraktur kompresi, paraparese, perawatan luka madu Referensi : ( 2002- 2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reni Prima Gusty, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 May 2019 12:10
Last Modified: 22 May 2019 12:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45219

Actions (login required)

View Item View Item