PERANAN KERAPATAN ADAT NAGARI DALAM MEMPERJUANGKAN HAK-HAK MASYARAKAT ADAT NAGARI GUGUAK MALALO KABUPATEN TANAH DATAR (1992-2016)

ULVI, AULIA (2019) PERANAN KERAPATAN ADAT NAGARI DALAM MEMPERJUANGKAN HAK-HAK MASYARAKAT ADAT NAGARI GUGUAK MALALO KABUPATEN TANAH DATAR (1992-2016). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img] Text (Naskah Utuh)
NASKAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kerapatan Adat Nagari (KAN) dalam Memperjuangkan Hak-hak Masyarakat Adat Nagari Guguk Malalo Kabupaten Tanah Datar 1992-2016”. Kerapatan Adat Nagari adalah suatu lembaga tertinggi di dalam adat di setiap nagari di Minangkabau, yang bertugas menampung segala permasalahan dalam masyarakat diajukan atau tidak diajukan oleh masyarakat nagarinya. Lembaga ini merupakan perwakilan anak nagari yang terdiri dari ulama, cerdik pandai (kaum intelektual) dan niniak mamak (pemimpin suku-suku dalam nagari) yang bertugas terkait dengan persoalan adat istiadat serta menyelesaikan sengketa tanah. Penelitian ini termasuk dalam sejarah sosial, khususnya sejarah lembaga sosial. Sejarah sosial ialah kajian yang meliputi peranan, dan kedudukan sejarah sebagai suatu peristiwa. Sedangkan sejarah lembaga sosial dapat diartikan sebagai suatu kegitan orang-orang atau kesatuan yang terkoordinir dengan memakai, mengubahserta memadukan secara bersama-sama perangkat khusus seperti orang, barang, modal, pemikiran, serta sumber-sumber alam kedalam suatu organisasi. Kajian Kerapatan Adat Nagari (KAN) dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat adat Nagari Guguk Malalo Kabupaten Tanah Datar berusaha menjabarkan peranan lembaga ini sejak tahun 1992-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penulis sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan penelitian lapangan. Studi pustaka dan kearsipan digunakan untuk mendapatkan data tertulis yang berkaitan dengan topik penelitian. Studi lapangan dengan mewawancarai pihak-pihak terkait yang mengetahui tentang sejarah Kerapatan Adat Nagari (KAN) Guguk Malalo sejak tahun 1992 hingga 2016. Sumber dan informasi yang diperoleh dari studi pustaka dan wawancara dikitik kemudian diinterpretasikan, selanjutnya dilakukan metode akhir yaitu historiografi atau penulisan. Hasil penelitian ini adalah Kerapatan Adat Nagari (KAN) melakukan perjuangan terhadap hak-hak masyarakat adat Nagari Guguak Malalo berperan membatani dan menjadi penghubung dua pihak yang bermasalah. KAN Guguk Malalo aktif memperjuangkan hak masyarakat tehadap PLTA Singkarak yang ada di nagari ini. KAN Guguk Malalo aktif mempejuangkan tanah ulayat masyarakat adat yang dijadikan kawasan hutan negara agar dikembalikan menjadi hutan adat. Perjuangan yang dilakukan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan dengan pihak terkait. Kata Kunci: Kerapatan Adat Nagari (KAN), sengketa, masyarakat hukum adat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. SYAFRIZAL, M.Hum
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 22 May 2019 11:15
Last Modified: 22 May 2019 11:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45213

Actions (login required)

View Item View Item