HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN ANAK LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUANGAN KEBIDANAN DAN ANAK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2019

Yolanda, Rova (2019) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KECEMASAN ANAK LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUANGAN KEBIDANAN DAN ANAK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Anak yang menderita Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) mengalami peningkatan setiap tahunnya. Anak LLA banyak mengalami cemas sehingga diperlukan dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan, arah dan kekuatan antara dukungan keluarga dengan kecemasan anak leukemia limfoblastik akut yang menjalani kemoterapi di RSUP. Dr M. Djamil Padang tahun 2019. Desain penelitian ini adalah Corelasi. Sampel penelitian ini terdiri dari 31 orang anak usia sekolah dengan LLA dan pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus 2018 hingga Februari 2019. Penelitian ini menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan CSAS-C (Anxiety Scal for Children). Hasil penelitian ini didapatkan rata-rata skor dukungan keluarga pada anak adalah 17,65. Rata-rata skor kecemasan pada anak adalah 27,77. Hasil analisa lebih lanjut dengan menggunakan uji Spearman didapatkan nilai p Value 0,000 dengan r= - 0.693 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat antara dukungan keluarga dengan kecemasan anak dengan arah negatif dimana semakin tinggi nilai dukungan keluarga maka semakin rendah nilai kecemasan pada anak. Diharapkan kepada perawat untuk dapat memberikan informasi kepada orang tua dan keluarga untuk selalu mendukung anak terutama dukungan instrumental agar kecemasan anak dapat menurun setiap menjalani pengobatan. Kata kunci : LLA, Dukungan Keluarga, Kecemasan Daftar Pustaka : 94 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dwi Novrianda, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 May 2019 14:44
Last Modified: 22 May 2019 14:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45212

Actions (login required)

View Item View Item