Implementasi Kebijakan Penjualan Produk Daerah Oleh UPTD Promosi Produk UMKM Kota Payakumbuh

Berlian, Zella Dyo (2019) Implementasi Kebijakan Penjualan Produk Daerah Oleh UPTD Promosi Produk UMKM Kota Payakumbuh. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Other (cover dan abstrak)
COVER.PDF - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Other (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemui oleh para pelaku UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produk yang mereka hasilkan. Untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah payakumbuh membentuk UPTD Promosi Produk UMKM dibawah Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh yang memiliki tugas pokok mempromosikan dan memasarkan produk UMKM Kota Payakumbuh. Agar pelaksanaan tugas pokok ini berjalan dengan efektif, Pemerintah Kota Payakumbuh mengeluarkan Peraturan Walikota Payakumbuh Nomor 68 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Penjualan Produk Daerah Pada Kegiatan Promosi/Pameran/Bazar dan Penjualan Online Pada UPTD Promosi Produk UMKM Pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh. Namun dalam proses implementasi kebijakan penjualan produk daerah ini masih terdapat adanya temuan dan persoalan yang dihadapi oleh UPTD Promosi Produk UMKM selaku implementor kebijakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling, observasi untuk melihat langsung kondisi di lapangan, dan dokumentasi dengan mengumpulkan dokumen penjualan produk daerah oleh UPTD Promosi Produk UMKM Kota Payakumbuh. Teori yang digunakan adalah teori implementasi George C. Edwards III yang terdiri dari empat variabel utama. Lalu data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Teknik Analisis Data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penjualan produk daerah oleh UPTD Promosi Produk UMKM Kota Payakumbuh belum sepenuhnya berjalan dengan maskimal. Komunikasi kebijakan belum cukup jelas dan belum ditransmisikan secara luas kepada masyarakat, namun sudah cukup konsisten. Sumberdaya masih belum memadai. Sedangkan untuk informasi mengenai tata cara pelaksanaan kebijakan dan kewenangan implementor sudah terpenuhi. Disposisi berjalan dengan efektif sedangkan untuk indikator insentif telah diberikan kepada implementor sebagai motivasi. Dan pada variabel terakhir yaitu struktur birokrasi, pada indikator SOP dan fragmentasi telah dapat dilaksanakan secara efektif oleh implementor. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Penjualan Produk Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 22 May 2019 14:47
Last Modified: 22 May 2019 14:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45197

Actions (login required)

View Item View Item