Analisis Usaha Penggemukan Ternak Sapi Potong Rakyat (Studi Kasus : Usaha Penggemukan Ternak Sapi Potong Syafrizal Kampung Melayu Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang)

Verry, Akbar (2019) Analisis Usaha Penggemukan Ternak Sapi Potong Rakyat (Studi Kasus : Usaha Penggemukan Ternak Sapi Potong Syafrizal Kampung Melayu Kelurahan Cupak Tangah Kecamatan Pauh Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover PDF.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
ANALISIS USAHA PENGGEMUKAN TERNAK SAPI POTONG RAKYAT(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 12 Februari 2018 - 3 Maret 2018 pada usaha penggemukan sapi potong Syafrizal. Bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan, R/C Ratio dan BEP (break even point) usaha penggemukan ternak sapi potong. Kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan sistem pemeliharaan ternak sapi potong dan juga pedoman bagi peternak dalam melaksanakan pengembangan usahanya, serta menjadi bahan pertimbangan bagi pihak terkait dalam melakukan program perencanaan dan pengembangan usaha penggemukan sapi potong di masa yang akan datang. Metode penelitian adalah studi kasus (case study) dengan pemilihan responden yaitu pemilik usaha penggemukan sapi potong rakyat milik Syafrizal yang ditentukan sewaktu sesi wawancara. Variabel yang di amati terdiri dari bakalan, pakan, perkandangan, pencegahan dan pengendalian penyakit, total penerimaan, total biaya produksi, pendapatan, R/C ratio serta BEP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan peternak sebesar Rp. 44.928.560,-/tahun dengan rata - rata perbulan sebesar Rp. 3.744.047,-/bulan dan total biaya produksi sebesar Rp. 394.071.440,-. Selama tahun 2017 peternak mendapatkan tingkat keuntungan dengan nilai R/C sebesar 1,1. Artinya usaha ini memperoleh keuntungan. Berdasarkan hasil BEP dalam unit diperoleh hasil 2,9. Artinya usaha penggemukan ternak sapi potong Syafrizal mencapai pulang pokok apabila memelihara sapi potong sebanyak 3 ekor, hasil BEP dalam rupiah diperoleh nilai 85.476.042. Artinya usaha penggemukan ternak sapi potong Syafrizal mencapai pulang pokok pada saat memperoleh penerimaan sebesar Rp. 85.476.042,-. Kata kunci : sapi potong, pendapatan, R/C ratio, BEP

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Ismet Iskandar, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 22 May 2019 14:42
Last Modified: 22 May 2019 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45168

Actions (login required)

View Item View Item