PENGARUH DOSIS INOKULUM Aspergillus ficuum DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP AKTIVITAS FITASE, KANDUNGAN DAN KECERNAAN FOSFOR AMPAS SUSU KEDELAI

ramsul ikhlas, febi ramulia ikhlas (2019) PENGARUH DOSIS INOKULUM Aspergillus ficuum DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP AKTIVITAS FITASE, KANDUNGAN DAN KECERNAAN FOSFOR AMPAS SUSU KEDELAI. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 kesimpulan)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (isi ( full text))
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Febi Ramulia Ikhlas1 dibawah bimbingan Gita Ciptaan2 dan Mirnawati2 1) Mahasiswa Program Studi Peternakan , Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2019 2)Dosen Bagian Teknologi Pakan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum Aspergillus ficuum dan lama fermentasi terhadap aktivitas fitase, kandungan dan kecernaan fosfor ampas susu kedelai. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi Non Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Metode yang digunakan eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial 2 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis inokulum) terdiri dari A1 : 5% dan A2 : 10%. Faktor B (lama fermentasi) terdiri dari B1 : 5 hari, B2 : 7 hari dan B3 : 9 hari. Peubah yang diamati adalah aktivitas fitase, kandungan dan kecernaan fosfor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi sangat nyata (P<0,01) antara dosis inokulum dan lama fermentasi terhadap aktivitas fitase, serta interaksi yang berbeda nyata (P<0,05) antara dosis inokulum dan lama fermentasi terhadap kandungan dan kecernaan fosfor. Pada masing-masing faktor A dan B juga memperlihatkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas fitase, kandungan dan kecernaan fosfor. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fermentasi ampas susu kedelai menggunakan dosis inokulum Aspergillus ficuum 10% dengan lama fermentasi 9 hari memberikan hasil terbaik dilihat dari aktivitas fitase 4,371 U/ml, kandungan fosfor 1,248% dan kecernaan fosfor 73,99%. Kata kunci : Aspergillus ficuum, ampas susu kedelai, fermentasi, fitase, fosfor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hj. Mirnawati, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 22 May 2019 12:43
Last Modified: 22 May 2019 12:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45110

Actions (login required)

View Item View Item