Analisis Implementasi Kebijakan Tentang Gerakan Nagari Peduli TB di Kanagarian Magek Kec. Kamang Magek Kab.Agam Tahun 2018

Novfattra, Novfattra (2019) Analisis Implementasi Kebijakan Tentang Gerakan Nagari Peduli TB di Kanagarian Magek Kec. Kamang Magek Kab.Agam Tahun 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Pendahuluan watermark.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
Penutup watermark.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full)
TESIS FULL NOVATTRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Indonesia menduduki rangking ke-2 setelah India sebagai Negara dengan kasus Tuberkulosis terbanyak. Angka penemuan penderita Tuberkulosis di Kabupaten Agam dari tahun 2015 sampai tahun 2017 mengalami penurunan. Kebijakan tentang Gerakan Nagari Peduli Tuberkulosis diwujudkan sebagai suatu Kebijakan Pemerintah Kabupaten Agam untuk penanggulangan penyakit Tuberkulosis.Metode kombinasi (mixied methods) dengan desain sequential explotory digunakan pada penelitian ini, untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan tentang Gerakan Nagari Peduli Tuberkulosis dari segi input (kebijakan, tenaga, dana, sarana prasarana, metode), proses (perencanaan, pelaksanaan, pengawasan) dan output (pencapaian program penemuan penderita Tuberkulosis) serta tingkat pengetahuan, motivasi dan tindakan Kelompok Kader Nagari Peduli Tuberkulosis. Pelaksanaan kebijakan Gerakan Nagari Peduli Tuberkulosis belum berjalan dengan baik. penyediaan sarana parasarana dan alokasi anggaran khusus yang belum memadai dari Pemerintah Daerah Kabupaten Agam menjadi penyebabnya, selain itu rendahnya persentase tindakan yang kurang mendukung, yang merupakan implikasi rendahnya motivasi dan tingkat pengetahuan dari Kelompok Kader Nagari Peduli Tuberkulosis. Diperlukan penyediaan sarana prasarana dan anggaran khusus, sosialisasi secara berkala, penyusunan rencana kegiatan dengan melibatkan Kelompok Kader Nagari Peduli Tuberkulosis, penyediaan standar operasional prosedur, serta peningkatkan kualitas pengawasan dan pembinaan terhadap Kelompok Kader Nagari Peduli Tuberkulosis untuk menjalankan Kebijakan Gerakan Nagari Peduli Tuberkolosis di Kabupaten Agam. Kata Kunci : Tuberkulosis, Gerakan Nagari Peduli TB, Kelompok Kader Nagari Peduli Tuberkulosis, Penemuan Penderita.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Hardisman, MHID, Dr.PH (Med)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 May 2019 08:54
Last Modified: 23 May 2019 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45072

Actions (login required)

View Item View Item