Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Post ORIF Fraktur Klavikula Dengan Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Nyeri Di Ruang Trauma Center SRUP Dr. M. Djamil Padang

Artika, Mandatiwi (2019) Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Post ORIF Fraktur Klavikula Dengan Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Nyeri Di Ruang Trauma Center SRUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstraak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
full kti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN POST ORIF FRAKTUR KLAVIKULA DENGAN PEMBERIAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP NYERI DI RUANG TRAUMA CENTER RSUP DR. M. DJAMIL PADANG ABSTRAK Fraktur klavikula adalah terputusnya hubungan tulang klavikula yang disebabkan karena trauma langsung dan trauma tidak langsung pada posisi lengan terputar ataupun tertarik keluar dimana trauma dilanjutkan dari pergelangan tangan sampai klavikula. Untuk penatalaksanaannya dapat dilakukan dengan ORIF. Pada pasien post operasi yang sering dikeluhkan pasien adalah nyeri. Untuk mengatasi nyeri dapat dilakukan dengan pemberian terapi musik klasik. Terapi musik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengeluaran hormon endorfin dimana hormon endorfin merupakan pembunuh nyeri alami yang berasal dari tubuh. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien fraktur klavikula post ORIF serta penerapan Evidence Based Nursing terapi musik klasik. Musik klasik beethoven merupakan musik pilihan pasien yang diberikan satu kali dalam sehari selama 30 menit menggunakan earphone. Metode penulisan ini adalah studi kasus asuhan keperawatan dan EBN terapi musik klasik. Setelah dilakukan asuhan keperawatan terdapat penurunan skala nyeri dari 6 (sedang) menjadi 3 (ringan). Berdasarkan penerapan Evidence Based Nursing yang dilakukan diharapkan pemberian terapi musik dapat dilakukan oleh perawat secara mandiri untuk mengurangi nyeri post operasi. Kata kunci : Fraktur klavikula, Nyeri, Post ORIF, Musik Klasik Referensi : 66 (1993-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep, Sp.KMB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 14:45
Last Modified: 21 May 2019 14:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45057

Actions (login required)

View Item View Item