LUSI, PERMATA SARI (2014) PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG MARKETING POLITIK PASANGAN ALI – ISMED PADA PEMILUKADA KOTA SAWAHLUNTO TAHUN 2013. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
201505121531th_skripsi lusi permata sari.compressed1(1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemenangan Pasangan Ali Yusuf- Ismed pada Pemilukada Kota Sawahlunto Tahun 2013 dengan mengalahkan Pasangan Incumbent Erizal Ridwan-Emeldi yang merupakan kandidat Incumbent, dimana Pasangan Ali Yusuf- Ismed berhasil meraih suara terbanyak dikecamatan Talawi Kota Sawahlunto, dan kemenangan Pasangan ini tak terlepas dari penerapan konsep Political Marketing yang efektif dari Tim Pemenangan Pasangan Ali Yusuf-Ismed. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Konsep Political Marketing Harris and Lock yang terdiri dari Product (Identitas ideologi, isu politik, visimisi), Promotion (Pemilihan media dalam mempromosikan figur) Price (Harga ekonomi, Harga Psikologis, Harga citra nasional) Place (Penempatan, hubungan komunikasi, basis masa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian survei. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22.00. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pada bagian Product: mayoritas masyarakat mengenal pasangan Ali - Ismed, serta mayoritas masyarakat mengetahui partai pengusung Ali - Ismed, terakhir mayoritas masyarakat percaya terhadap pelaksanaan visi misi Ali - Ismed. Pada bagian Place (penempatan) yaitu: mayoritas masyarakat talawi pernah melihat Ali - Ismed mengadakan kampanye dari rumah kerumah di kecamatan Talawi, selanjutnya mayoritas masyarakat sering melihat Ali yang kurang mampu. Terakhir mayoritas masyarakat Talawi pernah melihat Ali - Ismed memberikan kontribusi untuk masyarakat Talawi yang berguna untuk pembagunan dikecamatan Talawi. Promotion yaitu: mayoritas masyarakat mengetahui bahwa Ali - Ismed sering menggunakan Baliho dan Radio untuk mempromosikan figur mereka kepada masyarakat. Price yaitu: pada bagian ini memang mayoritas masyarakat tidak mengetahui biaya-biaya yang dikeluarkan oleh Ali - Ismed, tetapi mayoritas masyarakat Talawi sering mendapatkan atribut-atribut yang diberikan oleh Ali -Ismed. Kata Kunci : Political Marketing , Pemilukada Kota Sawahlunto.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Ms Lyse Nofriadi |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 03:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 03:38 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/45 |
Actions (login required)
View Item |