ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA PIRING MAKANKU DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAMPAK STUNTING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 16 ANDURING KOTA PADANG

Azi, Serandi (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN PEDOMAN GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA PIRING MAKANKU DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAMPAK STUNTING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDN 16 ANDURING KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Full Text)
KIA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS KARYA ILMIAH AKHIR, Februari 2019 NAMA : AZI SERANDI, S.Kep NO. BP : 1841312014 Asuhan Keperawatan Komunitas dengan Pendidikan Kesehatan Pedoman Gizi Seimbang Menggunakan Media “Piring Makanku” dalam Upaya Pencegahan Dampak Stunting Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 16 Anduring Kota Padang ABSTRAK Anak pendek (Stunting) merupakan salah satu masalah gizi utama yang dihadapi Indonesia yang berhubungan dengan status gizi di masa lalu. Stunting berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah dasar. Hasil pengukuran antropometri didapatkan hampir setengah siswa dengan Indek Massa Tubuh kategori kurus dan TB/U kategori pendek, sehingga perlu dilakukan intervensi keperawatan yang tepat dan berkesinambungan, salah satunya dengan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dilakukan dengan menggunakan media piring makanku untuk mempermudah pemahaman anak terhadap pedoman gizi seimbang. Tujuan dari laporan ilmiah ini adalah mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada anak usia sekolah dengan masalah gizi dan mengetahui pengaruh dari penggunaan media piring makanku terhadap peningkatan pengetahuan siswa tentang pedoman gizi seimbang. Pengumpulan data laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terdapat peningkatan persentase pengetahuan siswa kategori baik sebesar 20% dari sebelumnya 55% menjadi 75% setelah diberikan pendidikan kesehatan. Saran dari laporan ini terhadap bidang keperawatan dan pelayanan kesehatan di puskesmas bahwa pendidikan kesehatan menggunakan media “Piring Makanku” dapat meningkatkan pengetahuan pedoman gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Stunting, Pendidikan Gizi Seimbang, Media Piring Makanku. Daftar Pustaka : 74 (2010 - 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yonrizal Nurdin, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2019 14:36
Last Modified: 21 May 2019 14:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44998

Actions (login required)

View Item View Item