DURABILITAS CAMPURAN ASPAL DENGAN FILLER KAPUR

Hadiswara, Hadiswara (2019) DURABILITAS CAMPURAN ASPAL DENGAN FILLER KAPUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan)
BAB VI Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Bahan pengisi (filler) dalam campuran aspal beton adalah bahan yang lolos saringan No.200 (0,075 mm). Macam bahan pengisi yang dapat digunakan ialah: abu batu, kapur padam, portland cement (PC), debu dolomite, abu terbang, debu tanur tinggi pembuat semen atau bahan mineral tidak plastis lainnya. Banyaknya bahan pengisi dalam campuran aspal beton sangat dibatasi. Kebanyakan bahan pengisi, maka campuran akan sangat kaku dan mudah retak disamping memerlukan aspal yang banyak untuk memenuhi workability. Sebaliknya kekurangan bahan pengisi campuran menjadi sangat lentur dan mudah terdeformasi oleh roda kendaraan sehingga menghasilkan jalan yang bergelombang. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai durabilitas campuran aspal dengan Kapur terhadap waktu perendaman dikarenakan karakteristik Kapur hampir sama dengan bahan standart yaitu semen . Variasi waktu perendaman yang dilkukan yaitu 0, 1, 4, 7, dan 14 hari.Untuk melihat kinerja durabilitas campuran aspal dengan digunakan indikator Indeks Kekuatan Sisa (IKS), Indeks Durabilitas Pertama (IDP), Indeks DurabilitasKedua (IDK) serta kurva keawetan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai IKS menurun seiring dengan lama waktu perendaman. Nilai IKS yang diperoleh pada 1 hari perendaman sebesar 93,408 %,4 hari perendaman sebesar 91,163%,7 hari perendaman sebesar 83,987 % Nilai IDP yang diperoleh sebesar 0,429%, dan nilai IDK yang diperoleh sebesar 6,561%. Syarat nilai IKS menurut spesifikasi umum 2010 revisi 3 adalah sebesar 90%. Jadi nilai IKS dari campuran aspal dengan filler Kapur hanya memenuhi syarat sampai hari ke-5 perendaman. Nilai IDP dan IDK yang bernilai positif menunjukan adanya pengurangan nilai kekuatan dari campuran aspal dengan Kapur. Nilai IKS dari campuran aspal dengan Kapur diperoleh lebih besar daripada nilai IKS dari campuran aspal dengan batu pecah. Kata Kunci : Kapur , Durabilitas, waktu perendaman, indeks kekuatan sisa, indeks durabilitas pertama, indeks durabilitas kedua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: MUHAMMAD AMINSYAH, MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 20 May 2019 12:20
Last Modified: 20 May 2019 12:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44851

Actions (login required)

View Item View Item