PENGARUH JENIS MULSA DAN DOSIS PUPUK N, P DAN K TERHADAP BIOMASSA GULMA DAN PERTUMBUHAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.)

Hedi, Ermarilla (2019) PENGARUH JENIS MULSA DAN DOSIS PUPUK N, P DAN K TERHADAP BIOMASSA GULMA DAN PERTUMBUHAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrack.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
11. BAB I PENDAHULUAN..siap revisi.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
15. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN..pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTAR PUSTAKA.1.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul Pengaruh Jenis Mulsa Dan Dosis Pupuk N, P dan K Terhadap Biomassa Gulma Dan Pertumbuhan Kopi Arabika (Coffea arabica L.) telah dilakukan di Jorong Rantau Panjang Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, sejak bulan Januari sampai Mei 2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan Faktorial dalam bentuk rancangan acak kelompok. Tanaman kopi yang digunakan sebagai bahan percobaan ialah jenis Arabika yang telah berumur 6 bulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui interaksi yang terbaik antara penggunaan jenis mulsa dan pupuk N, P dan K terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika, (2) mengetahui pengaruh yang terbaik dari penggunaan jenis mulsa terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika, (3) mengetahui pengaruh yang terbaik dari pemberian dosis pupuk N, P dan K terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika, (4) mengetahui komposisi jenis gulma yang terdapat pada lahan pertanaman kopi Arabika dan (5) mengetahui jenis mulsa yang dapat menurunkan biomassa gulma yang terdapat pada lahan pertanaman kopi Arabika. Perlakuan pemberian jenis mulsa pada penelitian ini terdiri dari tanpa mulsa, mulsa jerami padi, mulsa pelepah pisang dan mulsa plastik hitam perak. Sedangkan pada perlakuan dosis N, P dan K yaitu 15 g N, P dan K, 20 g N, P dan K dan 25 g N, P dan K. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara pemberian jenis mulsa dan dosis pupuk N, P dan K berpengaruh terhadap jumlah daun dan diameter batang . Penggunaan jenis mulsa yang paling baik terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika adalah mulsa plastik hitam perak dan pemupukan N, P dan K yang paling baik terhadap pertumbuhan tanaman kopi Arabika adalah dosis 25 g per tanaman. Identifikasi golongan gulma yang paling banyak ditemukan sebanyak 23 jenis tersebar pada 12 famili. Mulsa plastik hitam perak dapat menurunkan biomassa gulma yang terdapat pada lahan pertanaman kopi Arabika. Sedangkan gulma yang mendominasi keberadaannya di sekitar tanaman kopi adalah gulma Boreria alata. Kata Kunci : mulsa, pupuk N, P dan K, biomassa gulma, Coffea arabica L.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi., MSc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 agronomi agronomi
Date Deposited: 20 May 2019 14:47
Last Modified: 20 May 2019 14:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44808

Actions (login required)

View Item View Item