Aplikasi Cendawan Endofit untuk Pengendalian Myzus persicae Sulz. (Hemiptera : Aphididae) dan Peningkatan Pertumbuhan Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.)

Romi, Saputra (2019) Aplikasi Cendawan Endofit untuk Pengendalian Myzus persicae Sulz. (Hemiptera : Aphididae) dan Peningkatan Pertumbuhan Tanaman Cabai (Capsicum annuum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

APLIKASI CENDAWAN ENDOFIT UNTUK PENGENDALIAN Myzus persicae Sulz. (Hemiptera : Aphididae) DAN PENINGKATAN PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.) Abstrak Cendawan endofit merupakan cendawan yang hidup dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan gejala penyakit pada tanaman dan berpotensi sebagai penginduksi ketahanan tanaman terhadap hama serangga. Penelitian ini bertujuan mendapatkan isolat cendawan endofit dari tanaman cabai yang dapat menurunkan populasi Myzus persicae dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Percobaan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan terdiri dari 4 isolat cendawan endofit (Trichoderma asperellum SD324, Trichoderma asperellum SD327, Trichoderma sp A116, dan Beauveria bassiana TD312) dan kontrol. Isolat cendawan endofit diaplikasi melalui perendaman benih selama 6 jam dengan konsentrasi 108 konidia/ml. Parameter yang diamati adalah perkembangan populasi M. persicae, kemampuan kolonisasi, daya kecambah benih, petumbuhan tanaman cabai (tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah cabang, dan panjang akar). Perlakuan cendawan endofit pada benih cabai dapat menurunkan perkembangan populasi M. persicae, mengkolonisasi tanaman cabai dan meningkatkan daya kecambah benih dan pertumbuhan bibit. Isolat B. bassiana TD312 dan Trichoderma sp A116 lebih baik dalam menekan perkembangan populasi M. persicae. Isolat B. bassiana TD312 lebih tinggi mengkolonisasi bagian tanaman cabai pada umur 4, 6, dan 8 msi. Isolat T. asperellum SD327 lebih baik dalam meningkatkan daya kecambah benih dan pertumbuhan bibit. Kata kunci : Beauveria bassiana, cendawan endofit, kolonisasi, Myzus persicae, Trichoderma sp

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Trizelia, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 20 May 2019 12:04
Last Modified: 20 May 2019 12:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44797

Actions (login required)

View Item View Item