PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO DAN POWER POINT TERHADAP PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH TENTANG EMPAT BAGIAN TUBUH PENTING YANG TIDAK BOLEH DISENTUH DI SD NEGERI 11 LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2019

Putri, Minas Sari (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO DAN POWER POINT TERHADAP PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH TENTANG EMPAT BAGIAN TUBUH PENTING YANG TIDAK BOLEH DISENTUH DI SD NEGERI 11 LUBUK BUAYA KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK WATERMARK-converted.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN WATERMARK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
3. BAB 5 PENUTUP WATERMARK-converted.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 PENUTUP)
4. DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
5. TUGAS AKHIR WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Empat bagian tubuh penting yang perlu diketahui anak guna menghindari kekerasan seksual, yaitu mulut atau bibir, dada, perut, kemaluan daerah pantat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video dan power point terhadap perilaku anak tentang empat bagian tubuh penting yang tidak boleh disentuh di SD Negeri 11. Penelitian ini dilakukan mulai dari bulan 3-26Januari 2019. Desain penelitian berupa Quasy Experimental Pre-Post Test Wih Control Group, sampel berjumlah 92 orang dengan teknik total sampling. 46 responden kelompok intervensi dan 46 responden lain kelompok kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner KAP Survey. Uji statistik yang digunakan uji T independent dan T dependen. Hasil dan kesimpulan menunjukkan terdapat pengaruh intervensi pendidikan kesehatan dengan media video dan power point terhadap perilaku anak dengan p value 0.001 pada pengetahuan, p value 0.003 pada sikap, dan p value 0.005 pada tindakan. Hasil analisis juga menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara kedua kelompok dengan p value pengetahuan 0.003, p value sikap 0,007, dan p value tindakan 0,013. Saran agar media ini dapat dijadikan perawat sebagai intervensi pendidikan kesehatan anak dan bekerja sama dengan pihak sekolah secara berkala sehingga dapat meningkatkan perilaku anak terhadap empat bagian tubuh penting dan media ini dapat pula dijadikan pihak sekolah sebagai acuan dan inovasi (media penunjang pembelajaran) serta dapat melibatkan keperawatan anak di dalamnya sehingga dapat meningkatkan perilaku anak tentang empat bagian tubuh penting. Kata Kunci : Anak usia sekolah, Kekerasan seksual, Pengetahuan, Sikap, Tindakan Daftar Pustaka : 80 (2011-2018)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. MERI NEHERTA, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 17 May 2019 12:30
Last Modified: 17 May 2019 12:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44747

Actions (login required)

View Item View Item