Pembangunan Sistem Service Support Penanganan Keluhan dan Kerusakan Perangkat Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V.3 (Studi Kasus: Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda)

Tari, Vandira (2019) Pembangunan Sistem Service Support Penanganan Keluhan dan Kerusakan Perangkat Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V.3 (Studi Kasus: Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (TA FULL TEXT)
TA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mutiara Bunda merupakan salah satu rumah sakit khusus bersalin di Kota Padang. Pada saat ini masih banyak proses bisnis pada RSIA Mutiara Bunda yang masih dilakukan secara manual, salah satunya yaitu penanganan keluhan dan kerusakan pada perangkat teknologi informasi (TI), dimana ketika terjadi permasalahan user menemui teknisi rumah sakit secara langsung tanpa izin ataupun persetujuan dari pihak terkait manapun dan melaporkan kerusakan yang terjadi, sehingga kegiatan penanganan keluhan dan kerusakan perangkat TI belum terkelola dan terstruktur dengan baik, menimbang begitu banyaknya biaya yang harus dikeluarkan apabila terjadi kesalahan dalam penanganan perangkat TI. Proses penanganan keluhan dan kerusakan perangkat TI tersebut dapat dilakukan dengan baik dan cepat dengan membangun suatu sistem service support menggunakan framework ITIL V.3. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis, merancang, membangun, serta menguji sistem service support penanganan keluhan dan kerusakan perangkat TI pada RSIA Mutiara Bunda. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi literatur sebagai landasan teori dari data penelitian sebelumnya, pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen terkait, serta menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Tahapan metode waterfall meliputi analysis, design, coding, dan testing. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem service support yang nantinya dapat mempermudah dalam pengaduan dan penanganan keluhan dan kerusakan perangkat TI pada RSIA Mutiara Bunda. Kata Kunci: Service Support, Framework ITIL V.3, Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 16 May 2019 10:10
Last Modified: 16 May 2019 10:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44603

Actions (login required)

View Item View Item