ANALISIS DAMPAK PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT SEBAGAI USAHA UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEMISKINAN MENGGUNAKAN MODEL CIBEST (Kasus: BAZNAS Kota Padang)

Geri, Fernandes (2019) ANALISIS DAMPAK PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT SEBAGAI USAHA UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEMISKINAN MENGGUNAKAN MODEL CIBEST (Kasus: BAZNAS Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Geri Fernandes.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu permasalah yang sering dihadapi oleh bangsa Indonesia khususnya Kota Padang. Berbagai macam cara telah banyak dilakukan oleh pemerintah, namun belum sepenuhnya dapat menangani kemiskinan dengan baik. Namun, akhir-akhir ini banyak sekali lembaga zakat yang berhasil dalam mengurangi tingkat kemiskinan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendistribusian dana zakat yang diberikan oleh BAZNAS Kota Padang dalam mengurangi tingkat kemiskinan pada rumah tangga mustahik. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat perubahan terhadap rumah tangga mustahik saat sebelum dan sesudah menerima zakat. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan sampel sebanyak 100 mustahik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIBEST model yang dikembangkan oleh beik dan nur arsyanti (2015). Model CIBEST menganalisis tingkat kemiskinan berdasarkan 2 aspek yaitu aspek material dan spiritual. Hasil dari penelitian ini adalah pendistribusian dana zakat yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Padang mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan mustahik sebesar 37.097% dan mampu menurunkan kemiskinan material sebesar 60.52%. Sementara itu pada tingkat kemiskinan spiritual dan absolut tidak terjadi perubahan sama sekali, dikarnakan tidak ditemukan mustahik yang miskin secara spiritual. Keywords: CIBEST Model, kemiskinan material, kemiskinan spiritual, kemiskinan absolut

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hadi Rahadian, SE, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 14 May 2019 14:12
Last Modified: 14 May 2019 14:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44522

Actions (login required)

View Item View Item