PELAKSANAAN TUGAS HAKIM PENGAWAS DAN PENGAMAT DALAM MELAKUKAN PENGAMATAN TERHADAP PEMBINAAN NARAPIDANA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB LUBUK BASUNG

Rafi, Wiranata (2019) PELAKSANAAN TUGAS HAKIM PENGAWAS DAN PENGAMAT DALAM MELAKUKAN PENGAMATAN TERHADAP PEMBINAAN NARAPIDANA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB LUBUK BASUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hakim Pengawas dan Pengamatan (Hakim Wasmat) dalah hakim yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan dan diberi tugas khusus untuk membantu Ketua Pengadilan dalam melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap putusan pengadilan yang menjatuhkan pidana perampasan kemerdekaan. Terkait tugas Hakim Wasmat dalam pembinaan narapidana, dalam skripsi ini dilakukan penelitian pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung. Dengan rumusan masalahnya 1) Bagaimanakah pelaksanaan tugas Hakim Pengawas dan Pengamat dalam melakukan pengamatan terhadap pembinaan narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung, 2) Apakah kendala yang dihadapi oleh Hakim Pengawas dan Pengamat terkait pelaksanaan tugasnya dalam melakukan pengamatan terhadap pembinaan narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung, 3) Apakah upaya yang dilakukan Hakim Pengawas dan Pengamat untuk mengatasi kendala terkait pelaksanaan tugasnya dalam melakukan pengamatan terhadap pembinaan narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung, dengan metode penelitian Yuridis Sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) Hakim Pengawas dan Pengamat terakhir kali melakukan cheking on the spot pada tahun 2017 yang artinya pelaksanaan tugasnya tidak berjalan dari tahun 2018 sampai sekarang, sedangkan dalam aturannya diharuskan minimal cheking on the spot paling sedikit 3 bulan sekali sesuai dalam SEMA Nomor 7 Tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tugas Hakim Pengawas dan Pengamat. 2) Pelaksanaan tugas Hakim Wasmat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung belum berjalan maksimal dikarenakan Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung hanya menugaskan satu orang Hakim Wasmat, tentu ini dirasa sulit karena jumlah narapidana sudah mengalami overcapacity, dan hakim wasmat tidak fokus dengan tugas pengamatannya mengingat tugas utama hakim mengadili perkara di pengadilan, kurangnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti anggaran dan transportasi dalam melaksanakan tugasnya. 3) Upaya yang dilakukan oleh Hakim Wasmat untuk mengatasi hal ini adalah dengan membawa staff pembantu, menggunakan dana pribadi dan transportasi pribadi, mengurangi tugas di pengadilan negeri agar bisa terfokus dalam tugas pengamatan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 May 2019 11:58
Last Modified: 14 May 2019 11:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44515

Actions (login required)

View Item View Item