Analisis Manajemen Laba Riil dan Akrual Berdasarkan Life Cycle Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Syukma, Febriyenti (2019) Analisis Manajemen Laba Riil dan Akrual Berdasarkan Life Cycle Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen laba riil dan akrual berdasarkan siklus hidup perusahaan (growth, mature, dan decline) dengan studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Manajemen laba riil diindikasikan dengan tiga proksi, yaitu abnormal CFO, abnormal discretionary expenses, dan abnormal production cost sedangkan manajemen laba akrual diindikasikan dengan discretionary accruals. Analisa siklus hidup perusahaan dilakukan dengan metode arus kas. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk manajemen laba riil dan pengujian one-sample t test untuk manajemen laba akrual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang berada pada tahap growth dan manture tidak melakukan manajemen laba riil, namun melakukan manajemen laba akrual yang menaikkan dan menurunkan laba, sedangkan perusahaan yang berada pada tahap decline melakukan manajemen laba riil dengan manipulasi beban diskresioner dan melakukan manajemen laba akrual yang menaikkan dan menurunkan laba. Kata Kunci : Manajemen Laba, Manajemen Laba Riil, Manajemen Laba Akrual, Siklus Hidup Perusahaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Riwayadi, MBA, Ak, CA, CSRS, CPMA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 14 May 2019 10:40
Last Modified: 14 May 2019 10:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44489

Actions (login required)

View Item View Item