DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PEMIDANAAN TERHADAP ANGGOTA POLISI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI PENGADILAN NEGERI SOLOK . (Studi Kasus Putusan Nomor: 120/Pid.Sus/2016/PN.SLK)

Ilham, Akbar Aulya (2019) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN PEMIDANAAN TERHADAP ANGGOTA POLISI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI PENGADILAN NEGERI SOLOK . (Studi Kasus Putusan Nomor: 120/Pid.Sus/2016/PN.SLK). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tugas dari anggota Polisi ialah memelihara keamanan dan ketertiban umum, menegakkan hukum,memberikan perlindungan, penganyoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Namun anggota Kepolisian yang seharusnya menjadi penegak hukum, telah melakukan perbuatan melawan hukum itu sendiri, dengan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika, sebagaimana didalam putusan perkara Nomor 120/Pid.Sus/2016/PN.Slk, didalam penelitian yang telah di lakukan, terdapat 2 (dua) rumusan masalah, (1) Bagaimanakah dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pemidanaan terhadap anggota Kepolisian yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika di Pengadilan Negeri Solok terhadap perkara Putusan Nomor: 120/Pid.Sus/2016/PN.Slk. (2) Bagaimana pembuktian di dalam persidanga terhadap perkara penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anggota Kepolisian dengan Perkara Nomor: 120/Pid.Sus/2016/PN.Slk. Didalam penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian normatif dengan pendekatan kasus (case approach) dan pendekatan undang-undang (statuta approach), dimulai analisa terhadap putusan hakim, pasal-pasal dalam peraturan yang mengatur permasalahan kemudian dikaitkan dengan kasus yang diteliti. Dari hasil penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pemidanaan terhadap anggota Kepolisian yang perbuatannya telah melawan hukum yaitu penyalahgunaan narkotika pada putusan Nomor: 120/Pid.Sus/2016/PN.Slk. sudah berdasarkan pertimbangan yuridis yaitu melihat dari peraturan perundang-undangan, surat dakwaan, surat tuntutan oleh jaksa penuntut umum, keterangan saksi, dan keterangan terdakwa di dalam persidangan. Dan dasar pertimbangan non yuridis yaitu berdasarkan kebijaksanaan dan keyakinan hati nurani seorang hakim, dalam melihat keadaan yang di golongkan antara lain latar belakang perbuatan, kondisi diri, kondisi sosial ekonomi, sifat sopan dan santun terdakwa dalam persidangan. Selain hal-hal yang meringankan dan memberatkan juga. Selaku anggota Kepolisian yang telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I untuk dirinya sendiri seharusnya dijatuhi hukuman atau ancaman hukum yang lebih berat. Sedangkan dalam pembuktian terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang telah diatur dalam pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, telah terpenuhinya unsur-unsur yang ada didalam pasal tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Aria Zurnetti, S.H.,MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 14 May 2019 12:00
Last Modified: 14 May 2019 12:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44464

Actions (login required)

View Item View Item