PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) TERHADAP KARAKTERISTIK DENDENG DAUN UBI KAYU (Manihot esculenta)

Fatmawati, Suarni Guci (2019) PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) TERHADAP KARAKTERISTIK DENDENG DAUN UBI KAYU (Manihot esculenta). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1.Pendahuluan)
BAB I FIX.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V. Kesimpulan dan Saran)
BAB V FIX.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fatma full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bubuk jamur tiram terhadap karakteristik dendeng daun ubi kayu dan untuk mengetahui produk terbaik dendeng daun ubi kayu dengan penambahan bubuk jamur tiram dilihat dari sifat fisika, kimia, mikrobiologi dan organoleptik. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan (perbedaan penambahan bubuk jamur tiram: 0%; 5%; 10%; 15%; 20%) dengan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DMNRT) pada taraf nyata 5%. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penambahan bubuk jamur tiram terhadap rendemen, kadar air, kadar abu, kadar lemak, kadar protein, orgnoleptik rasa dan tidak berpengaruh terhadap organoleptik (warna, aroma, tekstur) dan Angka Lempeng Total (ALT) pada dendeng daun ubi kayu. Pada hasil uji fisika, kimia, mikrobiologi dan organoleptik, produk terbaik adalah produk dendeng daun ubi kayu dengan penambahan bubuk jamur tiram 20%, dengan nilai rendemen 45,60%; kadar air 2,85%; kadar abu 6,22%; kadar lemak 10,23%; kadar protein 16,45%; organoleptik (warna 3,3 (biasa); aroma 3,9 (suka); tekstur 3,6 (suka) dan rasa 3,1 (biasa)) dan angka lempeng total (ALT) 3,4 x 102 koloni/g. Pendugaan masa simpan produk dendeng daun ubi kayu dengan parameter bilangan peroksida dan asam lemak bebas, masih layak diterima panelis pada suhu 30°C selama 163 hari; pada suhu 40°C selama 158 hari dan pada suhu 60°C selama 149 hari. Kata Kunci: Jamur tiram, karakteristik, daun ubi kayu, dendeng, umur simpan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Kesuma Sayuti, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 May 2019 13:45
Last Modified: 09 May 2019 13:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44383

Actions (login required)

View Item View Item