Pengaruh Penambahan bubur Kolang-kaling terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Minuman Sari Kulit buah Naga Merah (Hylocereus pholyrhizus)

Purnama, Sugesti (2019) Pengaruh Penambahan bubur Kolang-kaling terhadap Karakteristik Fisik dan Kimia Minuman Sari Kulit buah Naga Merah (Hylocereus pholyrhizus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I. Pendahuluan)
SKRIPSI BAB 1 (UPLOAD)-dikompresi.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V. Kesimpulan dan Saran)
SKRIPSI BAB 5_compressed.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pencampuran bubur kolang-kaling dan sari kulit buah naga merah (Hylocereus Polyrhizus) terhadap karakteristik kimia dan fisika minuman dan mengetahui konsentrasi pencampuran yang tepat, sehingga diperoleh minuman sari kulit buah yang bermutu baik dan disukai oleh panelis. Metoda yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan A (Penambahan bubur kolang-kaling 1%), B (Penambahan bubur kolang-kaling 2%), C (Penambahan bubur kolang-kaling 3%), D (Penambahan bubur kolang-kaling 4%) dan E (Penambahan bubur kolang-kaling 5%). Penambahan bubur kolang kaling yang optimal berdasarkan tingkat kesukaan panelis dan karakteristik minuman sari kulit buah naga adalah sebesar 3% dari berat bahan baku dengan parameter uji warna yaitu 34,01°Hue, viskositas yaitu 29,17 cP, kadar air yaitu 56,23%, kadar vitamin C yaitu 0,36 mg/100 ml, kadar gula total 14,58%, kadar abu 0,658%, total padatan terlarut 59,10%, konsentrasi betasianin 0,67 mg/100 ml dan pH 4,9. Penerimaan panelis terhadap minuman sari kulit buah naga dengan penambahan bubur kolang kaling produk terbaik menurut panelis adalah pada perlakuan C (penambahan bubur kolang kaling 3%) dengan nilai rata-rata warna 4,00 (suka), rasa 4,35 (suka) dan aroma 2,90 (suka). Kata Kunci : Betasianin, Kulit buah Naga Merah, Kolang-kaling, minuman, Viskositas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novizar Nazir, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 May 2019 13:47
Last Modified: 09 May 2019 13:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44374

Actions (login required)

View Item View Item