PENGARUH VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA ALAM LEMBAH HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD)

Wahyu, Rahmi (2019) PENGARUH VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA ALAM LEMBAH HARAU KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full Text)
5. Skripsi Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis valuasi ekonomi atau total nilai manfaat objek wisata alam Lembah Harau terhadap tingkat kunjungan wisatawan, Willingness To Pay pengunjung terhadap kegiatan penambahan fasilitas dan pengelolaan objek wisata tersebut serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhinya. Data dalam penelitian ini berupa data primer. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode analisis biaya perjalanan (Travel Cost Method) dan metode OLS (Ordinary Least Square) / analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menemukan bahwa nilai valuasi ekonomi / total nilai manfaat objek wisata alam Lembah Harau pada tarif karcis masuk sama dengan nol sebesar Rp 208.880.125.400 sedangkan total nilai manfaatnya pada tarif karcis masuk yang berlaku saat ini sebesar Rp. 5.000,- menjadi Rp 206.610.922.650. Besaran nilai rata-rata kesediaan untuk membayar maksimum (WTP) per pengunjung terhadap kegiatan penambahan fasilitas dan pengelolaan objek wisata alam di Lembah Harau adalah sebesar Rp 61.022,506. Faktor mempengaruhi tingkat kunjungan ke objek wisata alam Lembah Harau seperti Biaya Perjalanan (TC) dengan tingkat sigifikansi 10% berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan per 1000 penduduk per tahun ke objek wisata alam lembah harau , Tingkat Pendapatan (INC), Jarak (DIS) dan Usia (AGE) dengan tingkat signifikansi 5% berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan per 1000 penduduk per tahun ke objek wisata alam lembah harau. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menganalisis valuasi ekonomi / total nilai manfaat dari objek wisata lain yang ada di Sumatera Barat. Penelitian lanjutan tersebut dapat menggunkan metode lain misalnya metode Contingent Valuation Method (CVM) Kata kunci : Valuasi Ekonomi, , Lembah Harau, Willingness To Pay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Weriantoni, SE, M.Sc
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 13 May 2019 11:34
Last Modified: 13 May 2019 11:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44276

Actions (login required)

View Item View Item