ANALISIS SEGMENTASI NASABAH BERDASARKAN RECENCY, FREQUENCY DAN MONETARY PADA PT. PEGADAIAN KOTA PADANG SEBAGAI DASAR DALAM ANALISIS SEGMENTASI DAN PENGEMBANGAN STRATEGI CRM

MYA YUWANITA, SUHANDA (2019) ANALISIS SEGMENTASI NASABAH BERDASARKAN RECENCY, FREQUENCY DAN MONETARY PADA PT. PEGADAIAN KOTA PADANG SEBAGAI DASAR DALAM ANALISIS SEGMENTASI DAN PENGEMBANGAN STRATEGI CRM. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER ABSTRAK OK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir Penutup dan Kesimpulan)
Bab Akhir Penutup dan Kesimpulan.doc.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.doc.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS SEGMENTASI NASABAH BERDASARKAN RECENCY, FREQUENCY, DAN MONETARY PADA PT PEGADAIAN KOTA PADANG SEBAGAI DASAR DALAM ANALISIS SEGMENTASI DAN PENGEMBANGAN STRATEGI CRM ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui profil nasabah pada tiap segmen yang dihasilkan 2) untuk mengetahui segmentasi nasabah tabungan emas Pegadaian didasarkan pada aspek Recency, Frequency dan Monetary 3) menentukan strategi CRM yang dapat dilakukan sesuai dengan segmen dan profil nasabah pada tiap segmen. Populasi dalam penelitian ini adalah transaksi dari nasabah tabungan emas Pegadaian Padang outlet Pasar Baru. Data diperoleh melalui data sekunder. Metode analisis dilakukan dengan metode cluster analisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian deskriptif memperlihatkan bahwa profil nasabah tabungan emas Pegadaian outlet Pasar Baru sebagian besar berjenis kelamin perempuan dibanding laki-laki dengan rentang umur 26-45 tahun, berprofesi sebagai Wiraswasta, Ibu Rumah Tangga dan Pegawai Swasta. Dari hasil analisis cluster dihasilkan lima cluster yang terbentuk didasarkan pada aspek Recency, Frequency dan Monetary.Strategi yang direkomendasikan dibedakan berdasarkan profil nasabah dan karakteristik per cluster. Kata Kunci: Segmentasi nasabah, RFM, CRM,. CUSTOMER SEGMENTATION ANALYSIS BASED ON RECENCY, FREQUENCY, AND MONETARY IN PT PEGADAIAN PADANG CITY AS A BASIS FOR SEGMENTATION ANALYSIS AND CRM DEVELOPMENT STRATEGIES ABSTRACT This study aims to: 1) to determine the profile of the customers in each segment generated 2) to assess Pegadaian customer segmentation gold saving based on the aspects Recency, Frequency and Monetary 3) define CRM strategy can be carried out in accordance with the segments and customer profiles on each segment. The population in this study is a transaction of gold savings customers Pegadaian at outlet Pasar Baru Padang. Data obtained from secondary data. The method of analysis was conducted using cluster analysis using SPSS program. Descriptive research results show that gold saving the customer's profile of Pegadaian gold savings mostly female than male with an aged of 26-45 years, worked as Self Employed, Housewife and Private Employees. The results of cluster analysis were five clusters that based on the aspects of Recency, Frequency and Monetary. Recommended strategies are distinguished based on customer profiles and characteristics per clusters. Keywords : Customer Segmentation, RFM, CRM ,.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Syafrizal, SE,ME
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 09 May 2019 12:37
Last Modified: 09 May 2019 12:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44256

Actions (login required)

View Item View Item