Pengaruh Financial Distress Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2013-2017)

Mega, Dwi Primadhany (2019) Pengaruh Financial Distress Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2013-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL YUHUU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prediksi kebangkrutan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI menggunakan tiga model prediksi kebangkrutan yaitu Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski, serta mengetahui pengaruh financial distress terhadap nilai perusahaan, dimana nilai perusahaan disini akan diwakilkan oleh Tobin’s Q. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Sampel penelitian ini ada sebanyak 14 perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2017. Teknik pemilihan sampel penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Data penelitian ini diolah menggunakan program microsoft excel dan SPSS vers 24 dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ketiga model perhitungan financial distress menunjukkan hasil yang berbeda-beda setiap tahunnya, dan untuk nilai perusahaan hanya terdapat 4 perusahaan yang berada dikategori undervalued setiap tahunnya dari 2013-2017. Variabel financial distress menggunakan model Altman berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan menggunakan model Springate dan Zmijewski menunjukkan hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran untuk perusahaan terkait mengenai adanya sinyal atau potensi terjadinya financial distress pada perusahaan, dan pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: financial distress, nilai perusahaan, Altman Z-Score, Springate, Zmijewski, Tobin’s Q

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Dewi Edmawati, M.Si., Ak., C.A
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 07 May 2019 11:03
Last Modified: 07 May 2019 11:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44240

Actions (login required)

View Item View Item