PELAKSANAAN GANTI RUGI AKIBAT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN ANGKUTAN SEMEN CURAH DAN/ATAU KLINKER RELASI INDARUNG – TELUK BAYUR ANTARA PT. SEMEN PADANG DENGAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Alvinda Atma, Princessa (2019) PELAKSANAAN GANTI RUGI AKIBAT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN ANGKUTAN SEMEN CURAH DAN/ATAU KLINKER RELASI INDARUNG – TELUK BAYUR ANTARA PT. SEMEN PADANG DENGAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut TAP MPR Nomor IV/MPR/1999 pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia, dan masyarakat yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Salah satu sasaran pembangunan nasional adalah bidang ekonomi yan didukung oleh kegiatan perdagangan atau perniagaan. Dalam kegiatan perdagangan atau perniagaan dibutuhkan sarana yang dapat menunjang mobilitas barang ataupun orang yang dikenal dengan sarana pengangkutan. Seperti halnya yang dilakukan PT. Semen Padang untuk menunjang kegiatan produksinya , PT. Semen Padang mengadakan perjanjian kerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tentang pengangkutan semen curah dan/atau klinker relasi Indarung – Teluk Bayur yang mana PT. KAI bertanggung jawab mengangkut barang milik PT. Semen Padang berupa semen curah dan/atau klinker setiap hari kalender untuk memenuhi target tahunan yang sudah disepakati di dalam perjanjian kerjasama. Atas dasar itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian angkutan semen curah dan/atau klinker antara PTSP dengan PT. KAI,apa kendala dalam pelaksanaan perjanjian tersebut, bagaimana bentuk pelaksanaan ganti rugi akibat wanprestasi dalam perjanjian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut masih terjadi wanprestasi berupa keterlambatan dalam memenuhi prestasi dan pelaksanaan prestasi yang tidak sempurna dalam bentuk tidak tercapainya target angkutan tahunan yang sudah disepakati dalam perjanjian kerjasama yang disebabkan oleh adanya kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Kendala-kendala di lapangan berupa internal maupun eksternal seperti rusaknya sarana dan prasarana milik PT. KAI dan gangguan produksi yang dialami PT. Semen Padang. Pelaksanaan gantirugi akibat wanprestasi dalam perjanjian kerjasama ini dilakukan di akhir tahun oleh pihak yang dominan menyebabkan kelalaian dalam pelaksanaan perjanjian di tahun tersebut, dalam hal ini PT. Semen Padang adalah pihak yang membayar denda ganti rugi kepada PT. Kereta Api Indonesia setiap tahun semenjak perjanjian kerjasama ini dilaksanakan dari tahun 2015. Kata Kunci : perjanjian, pengangkutan, wanprestasi, ganti rugi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 May 2019 11:50
Last Modified: 13 May 2019 11:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44234

Actions (login required)

View Item View Item