Analisis dampak pencabutan subsidi listrik terhadap biaya produksi dan pendapatan di umkm konveksi di Kabupaten Agam (studi kasus nagari batu taba )

Nailatul, Fadhilah (2019) Analisis dampak pencabutan subsidi listrik terhadap biaya produksi dan pendapatan di umkm konveksi di Kabupaten Agam (studi kasus nagari batu taba ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover& Abstrak.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat pada saat ini. Banyak usaha-usaha dikalangan masyarakat yang menggunakan listrik, salah satunya yaitu UMKM konveksi. UMKM konveksi menggunakan listrik untuk mengpoerasikan mesin jagit dan mesin obras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pencabutan subsidi listrik terhadap biaya produksi dan pendapatan di UMKM konveksi di Nagari Batu Taba. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan data primer yang dikumpulkan dengan dokumentasi dan wawancara sebanyak 100 sampel. Analisis data menggunakan metode Statistik Parametrik dan uji t berpasangan ( paired – sample t test ). Hasil Penelitian menunjukkan biaya produksi di UMKM konveksi mengalami peningkatan karena dampak dari pencabutan subsidi listrik yang mana biaya produksi yang dikeluarkan lebih besar dari sebelum subsidi listrik dicabut. Pendapatan di UMKM konveksi mengalami peningkatan karena dampak dari pencabutan subsidi listrik, sedangkan pendapatan rill tidak mengalami peningkatan. Jadi, sebelum pemerintah menerapkan kabijakan baru sebaiknya malakukan sosialisasi kepada masyarakat, supaya masyarakat mengetahui bahwa akan adanya kebijakan baru yaitu pencabutan subsidi listrik yang akan berdampak pada usaha yang mereka miliki. Kata kunci : UMKM Konveksi, Pencabutan subsidi listrik, biaya produksi, pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Weriantoni, SE.,M.sc
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 13 May 2019 11:29
Last Modified: 13 May 2019 11:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44182

Actions (login required)

View Item View Item