PENGELOMPOKAN NEGARA DI DUNIA BERDASARKAN DATA RUNTUN WAKTU REALISASI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS CLUSTER

Afrimayani, Afrimayani (2019) PENGELOMPOKAN NEGARA DI DUNIA BERDASARKAN DATA RUNTUN WAKTU REALISASI PENANAMAN MODAL ASING DI INDONESIA MENGGUNAKAN ANALISIS CLUSTER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
coverabstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup / Kesimpulan)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI AFRIMAYANI LENGKAP-1-95.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Investasi sangat dibutuhkan di Indonesia. Perekonomian di Indonesia masih tertinggal dari negara-negara yang lain. Oleh karena itu, pemerintah perlu mencari sumber pembiayaan pembangunan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan investasi, bukan hanya investasi dari dalam negeri namun juga investasi asing. Untuk melihat pola besarnya investasi asing di Indonesia, perlu dilakukan pengelompokan negara-negara, dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam pengambilan kebijakan terkait investasi asing sesuai dengan negaranya. Pengelompokan dilakukan dengan analisis cluster dengan berbagai ukuran jarak yaitu jarak euclidean, jarak ACF dan jarak DTW. Diperoleh bahwa cluster terbaik adalah dengan jarak DTW yaitu sebanyak 2 cluster. Negara cluster 1 terdiri dari 15 negara yaitu Jerman, Swiss, Kanada, India, Belgia, Denmark, Italia, Perancis, Taiwan, Australia, Inggris, Belanda, Hongkong, USA dan Korea Selatan. Sedangkan cluster kedua hanya terdiri dari 2 negara yaitu Jepang dan Singapura. Kata Kunci : Investasi Asing, Analisis Cluster, Jarak Euclidean, Jarak ACF, Jarak DTW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: HAZMIRA YOZZA, M.Si
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 24 Apr 2019 10:45
Last Modified: 24 Apr 2019 10:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/44027

Actions (login required)

View Item View Item