Hubungan Metastasis Peritoneal dengan Kejadian Asites pada Kanker Ovarium di Bagian Obstetri dan Ginekologi RSUP Dr M Djamil Padang

Cyntia, Harkhansa (2019) Hubungan Metastasis Peritoneal dengan Kejadian Asites pada Kanker Ovarium di Bagian Obstetri dan Ginekologi RSUP Dr M Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak+Cover)
Abstrak+cover-converted (1).pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7-dikonversi.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Kanker ovarium merupakan keganasan ginekologi paling mematikan didunia. Kanker ovarium memiliki kecendrungan untuk bermetastasis pada daerah abdomen terutama kavitas peritoneal. Penyebaran sel kanker pada kavitas peritoneal dikaitkan dengan asites yang dapat berperan sebagai carrier dan penyedia lingkungan mikrotumor yang menguntungkan bagi sel tumor untuk bermetastasis. Selain itu, metastasis peritoneal yang terjadi juga dapat menimbulkan asites dengan menghalangi aliran drainase dari kavitas peritoneal sehingga terjadi penumpukan cairan peritoneal pada kavitas peritoneal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metastasis peritoneal dengan kejadian asites pada kanker ovarium. Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional pada penderita kanker ovarium. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 60 sampel. Data diperoleh dari bagian rekam medik, patologi anatomi dan radiologi RSUP DR M.Djamil Padang tahun 2017. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil : Analisis data hubungan antara asites dengan metastasis peritoneal pada kanker ovarium didapatkan nilai p = 0,002 dan OR : 7,071. Nilai p tersebut kecil dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara asites dengan metastasis peritoneal pada kanker ovarium. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara metastasis peritoneal dengan kejadian asites pada kanker ovarium. Kata kunci : Kanker ovarium, metastasis peritoneal, asites.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Andi Friadi, Sp.OG (K)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Apr 2019 15:32
Last Modified: 22 Apr 2019 15:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43980

Actions (login required)

View Item View Item