GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN WANITA PENYANDANG DISABILITAS DI SMA/SMK NEGERI KOTA PADANG TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI

HATIKA, DARA MARETI (2019) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN WANITA PENYANDANG DISABILITAS DI SMA/SMK NEGERI KOTA PADANG TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kesehatan reproduksi remaja terutama wanita telah menjadi perhatian yang sangat serius dari pemerintah Indonesia.Remaja wanita penyandang disabilitas adalah kelompok yang memiliki risiko tinggi terhadap masalah kesehatan reproduksi. Keterbatasan yang dimiliki wanita penyandang disabilitas akan menjadi hambatan bagi mereka dalam mengakses informasi dan pelayanan kesehatan reproduksi.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengetahuan,sikap dan tindakan wanita penyandang disabilitas di SMA/SMK Negeri Kota Padang tentang kesehatan reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan desain cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 22wanita penyandang disabilitas di SMA/ SMK Negeri Kota Padang.Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan 54,5% responden bersekolah di SMKN 6 Padang, 27,3% responden disabilitas sensorik yaitu tunarungu dan 31,8% responden disabilitas intelektual yaitu lambat belajar, 59,1% responden mempunyai pengetahuan kurang, 59,1% responden mempunyai sikap positifdan 81,8% responden mempunyai tindakan buruk tentang kesehatan reproduksi. Kesimpulan penelitian ini adalah lebih dari separuh responden bersekolah di SMKN 6 Padang, lebih dari seperempat responden memiliki jenis disabilitas sensorik yaitu tunarungu dan disabilitas intelektual yaitu lambat belajar, lebih dari separuh responden mempunyai pengetahuan kurang, lebih dari separuh responden mempunyai sikap positifdan sebagian besar responden mempunyai tindakan buruk tentang kesehatan reproduksi. Kata kunci :Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Disabilitas, Kesehatan Reproduksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Husna Yetti, PhD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Apr 2019 10:03
Last Modified: 18 Apr 2019 10:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43930

Actions (login required)

View Item View Item