HANIM, KHALIDA ZIA and RIMA, SEMIARTY and RATNI, PRIMA LITA (2019) ANALISIS SWOT SEBAGAI PENENTU STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT BAITURRAHMAH PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Nama Pembimbing + Abstrak.pdf - Published Version Download (414kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Pendahuluan)
Bab Pendahuluan.pdf - Published Version Download (457kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Penutup)
Bab Penutup.pdf - Published Version Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (616kB) | Preview |
|
Text (Tesis full text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ANALISIS SWOT SEBAGAI PENENTU STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT BAITURRAHMAH PADANG Oleh: Hanim Khalida Zia (1620322023) (Di bawah bimbingan: Dr.dr. Rima Semiarty, MARS dan Dr. Ratni Prima Lita, SE,MM) Abstrak Jumlah kunjungan pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang pada tahun 2016 yaitu 27.933 kunjungan. Pada tahun 2017 mengalami penurunan (41,7%) yaitu 16.288 kunjungan. Sedangkan, pada tahun 2018 mengalami sedikit peningkatan (3,7%) yaitu 16.884 kunjungan. Setiap rumah sakit harus dapat membuat suatu strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing di masa sekarang dan akan datang. Salah satu upaya strategi pemasaran adalah analisis SWOT. Analisis SWOT mengidentifikasi strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) pada aspek internal serta opportunities (peluang) dan threats (ancaman) pada aspek eksternal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang berdasarkan analisis SWOT. Jenis penelitian adalah kualitatif. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling terdiri dari Pemilik, Direktur, Wakil Direktur, Karyawan, Mahasiswa, Pasien dan Masyarakat yang tinggal di sekitar Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi SO (Strengths Opportunities): meningkatkan kualitas kesehatan pelayanan gigi dan mulut, menjalin kerja sama dengan instansi di bidang kesehatan, menggunakan alat dan bahan terbaru dan menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Strategi WO (Weaknesses Opportunities): menyelesaikan proses akreditasi, pengaturan jadwal dan tarif dokter, melakukan promosi melalui berbagai media dan menambah jumlah SDM untuk kegiatan pemasaran. Strategi ST (Strengths Threats): meningkatkan pelayanan unggulan di bidang Periodonsia dengan pelatihan kepada karyawan dan membuat pendaftaran online. Sedangkan, strategi WT (Weaknesses Threats): membentuk bagian pemasaran untuk meningkatkan kegiatan promosi. Kata Kunci: analisis SWOT, strategi pemasaran, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Baiturrahmah Padang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | DR.DR. RIMA SEMIARTY,MARS |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 16:10 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 16:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43890 |
Actions (login required)
View Item |