PENYELESAIAN PERJANJIAN SIMPAN PINJAM PADA PRIMER KOPERASI KEPOLISIAN RI (PRIMKOPPOL) MAPOLDA SUMATERA BARAT BAGI ANGGOTA POLISI YANG DIMUTASI

Widya, Romadhani (2019) PENYELESAIAN PERJANJIAN SIMPAN PINJAM PADA PRIMER KOPERASI KEPOLISIAN RI (PRIMKOPPOL) MAPOLDA SUMATERA BARAT BAGI ANGGOTA POLISI YANG DIMUTASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mengenai perjanjian simpan pinjam pada Primer Koperasi Kepolisian RI MAPOLDA SUMATERA BARAT, ada klausula di dalam perjanjian tersebut yang menyatakan “Bahwa apabila pemberi kuasa pindah (dimutasikan) maka pemotongan gaji dilakukan oleh Bendahara satuan kerja (Bensatker) pada satuan kerja (Satker) yang baru”. Namun, karena kerjasama antara Primkoppol di Polres – polres belum sinkron, maka kewajiban bagi anggota polisi yang dimutasi yaitu harus melunasi kewajiban - kewajibannya. Tetapi, Anggota polisi tersebut banyak yang melakukan pembayaran dengan cara mentransfer uang setiap bulannya kepada rekening koperasi dan banyak yang memohonan untuk mengangsur pembayaran. Dengan melihat prosedur pembayaran tersebut, tentu akan membuka peluang bagi anggota polisi tersebut untuk telat atau wanprestasi dalam melakukan pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mekanisme Perjanjian Koperasi Simpan Pinjam pada Primer Koperasi Kepolisian RI (PRIMKOPPOL) MAPOLDA SUMBAR dan untuk mengetahui Penyelesaian Perjanjian Simpan Pinjam pada Primer Koperasi Kepolisian RI (PRIMKOPPOL) MAPOLDA SUMBAR apabila anggota Polisi di Mutasi. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dengan cara studi kepustakaan (Library Research), studi Dokumen, populasi dan sampel, serta wawancara dengan Bendahara dan pengurus PRIMKOPPOL MAPOLDA SUMBAR untuk mengetahui dan memahami permasalahan yang akan dikaji oleh penulis. Dari hasil penelitian ini berdasarkan hasil wawancara bersama dengan Bendahara Satuan kerja (Bensatker) dan Pengurus PRIMKOPPOL, bahwa bagi anggota polisi yang dimutasi, yang sedang melakukan peminjaman pada PRIMKOPPOL banyak yang melakukan pembayaran melalui Transfer, dan ada beberapa yang melunasi pembayarannya. Kata Kunci : Penyelesaian, Perjanjian Simpan Pinjam, Primer Koperasi Kepolisian RI (PRIMKOPPOL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hj. Ulfanora, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 12 Apr 2019 15:06
Last Modified: 12 Apr 2019 15:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43846

Actions (login required)

View Item View Item